Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombak Kabinet Lagi, Trump Pecat Menteri Urusan Veteran

Kompas.com - 29/03/2018, 08:46 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali merombak jajaran kabinetnya pada Rabu (28/3/2018).

Kali ini, pria berusia 71 tahun itu memecat Menteri Urusan Veteran David Shulkin dan mencalonkan Ronny Jackson, dokter pribadinya di Gedung Putih, sebagai penggantinya.

"Saya senang mengumumkan bahwa saya berniat mencalonkan Laksamana Ronny L Jackson MD sebagi Menteri Urusan Veteran yang baru," tulis Trump di akun Twitter-nya.

"Saya berterima kasih atas pelayanan David Shulkin ke negara kita dan kepada para veteran yang hebat," lanjut Trump.

Dilansir dari AFP, pejabat dari Kementerian Pertahanan, Robert Wilkie, akan menjabat kepala sementara di Kementerian Urusan Veteran hingga Jackson memperoleh persetujuan dari Kongres.

Pemecatan Shulkin memang telah diprediksi sebelumnya. Dia dituduh menghabiskan dana senilai 122.000 dollar AS atau Rp 1,6 miliar untuk perjalanan selama sembilan hari ke Eropa bersama istrinya, termasuk tamasya di istana dan menerima tiket pertandingan tenis Wimbledon.

Baca juga: Mengenal Mike Pompeo, Direktur CIA yang Dipilih Trump Jadi Menlu AS

Shulkin membantah tuduhan tersebut, tetapi sepakat mematuhi rekomendasi dari pengawas internal kementerian, termasuk mengganti uang kepada pemerintah untuk biaya perjalanannya.

Dia merupakan salah satu dari beberapa pejabat senior di kabinet Trump yang juga menjabat pada masa kepresidenan Barack Obama.

The Telegraph melaporkan, Kementerian Urusan Veteran di AS merupakan kementerian kedua terbesar pemerintah yang bertanggung jawab menangani 9 juta veteran militer di lebih dari 1.700 fasilitas kesehatan yang dikelola pemerintah.

Shulkin meninggalkan Kementerian Urusan Veteran dalam kondisi yang berantakan, di mana beberapa proyek masih belum rampung, termasuk perbaikan pencatatan medis elektronik bernilai miliar dollar AS.

Baca juga: Penasihat Keamanan Baru Trump Pernah Bujuk Israel untuk Serang Iran

Pencatatan medis elektronik bagi para veteran bertujuan mempercepat waktu tunggu pencarian perawatan medis dan kesehatan mental mengingat banyaknya veteran yang berisiko tinggi bunuh diri.

Dalam sebulan terakhir, Trump juga telah memecat Menteri Luar Negeri dan penasihat keamanan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com