Kompas.com - 28/03/2018, 21:43 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Seorang jenderal Israel mengatakan bakal mengerahkan penembak jitu (sniper) saat demonstrasi besar-besaran yang dilakukan warga Palestina.

Dilansir AFP via Arab News Rabu (28/3/2018), warga Palestina bakal menggelar unjuk rasa massal di wilayah perbatasan seperti Jalur Gaza pada Jumat (30/3/2018).

Terkait dengan kabar tersebut, Kepala Staf Israel Letnan Jenderal Gadi Eisenkot berkata, mereka telah diberi otorisasi untuk menggunakan senjata saat demo berlangsung.

"Instruksinya jelas. Kami bakal menggunakan segenap kekuatan kami untuk mencegah penyusupan ke Israel," kata Eisenkot seperti dilansir harian Yediot Ahronot.

Memang, pada Selasa (27/3/2018), Israel menahan tiga warga Palestina yang mencoba melintas Jalur Gaza dengan membawa senjata tajam dan granat.

Baca juga : Bawa Pisau dan Granat, Tiga Warga Palestina Ditahan Tentara Israel

Eisenkot melanjutkan, 100 sniper bakal disebar di seluruh unit tentara Israel. Utamanya di pasukan khusus.

"Jika situasinya mulai membahayakan, kami telah diberi tahu bahwa kami diizinkan untuk menggunakan tembakan kepada mereka," kata Eisenkot.

Dia sadar, kans untuk pecah bentrokan antara pengunjuk rasa dengan otoritas keamanan bakal sangat besar.

Apalagi, situasi sudah begitu buruk sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan pengakuannya bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel (6/12/2017).

"Situasi sensitif nan mudah meletup saat ini tengah terjadi di seluruh Timur Tengah, khususnya Palestina," kata Eisenkot kepada Haaretz.

Halaman:
Sumber Arab News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.