Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersua Kim Jong Un, Xi Usul 4 Proposal untuk Mempererat Hubungan

Kompas.com - 28/03/2018, 09:36 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berada di Beijing untuk memenuhi undangan dari Presiden China Xi Jinping.

Mengutip dari KCNA, AFP melaporkan, pertemuan dengan Xi di Beijing merupakan kunjungan perdana ke luar negeri bagi Kim Jong Un.

"Tidak diragukan lagi bahwa kunjungan pertama saya ke luar negeri adalah ke ibu kota China," ucapnya.

"Ini merupakan kewajiban saya sebagai seseorang yang harus menghargai dan melanjutkan hubungan Korea Utara dan China dari generasi ke generasi," tambahnya.

Baca juga : Kim Jong Un Bertemu Presiden China di Beijing

Dia berjanji untuk memperkuat dan meningkatkan hubungan antara kedua negara, dengan menyebutnya sebagai warisan mulia yang diberikan oleh para pendahulu di masa lalu.

Untuk mempererat hubungan kedua negara sekutu itu, Xi mengajukan empat proposal kepada Kim Jong Un.

Dilansir dari Xinhua, Rabu (28/3/2018), berikut butir-butir usulan Xi untuk memperkuat hubungan dengan Korea Utara:

Pertama, kedua negara melakukan pertukaran tingkat tinggi dengan berbagai bentuk seperti pertukaran kunjungan, saling mengirim utusan khusus dan atau melalui surat-surat.

Kedua, menjalankan praktik komunikasi strategis yang merupakan tradisi kedua belah pihak untuk sering bertukar pandangan mengenai isu-isu besar. Kerja sama di berbagai bidang dan memperkuat komunikasi dan saling percaya.

Baca juga : Kim Jong Un Dilaporkan Kunjungi Beijing Naik Kereta

Ketiga, turut aktif memajukan perdamaian. China dan Korea Utara siap memegah teguh perdamaian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan kontribusi positif bagi perdamaian regional, stabilitas, dan pengembangan.

Keempat, meningkatkan pertukaran kaum muda, dan meneruskan tradisi baik terkait persahabatan China dan Korea Utara.

Rombongan Kim Jong Un berangkat ke China pada Minggu (25/3/2018) dengan menggunakan kereta lapis baja dan akan tiba di Korea Utara pada Rabu (28/3/2018) pagi.

Kim didampingi istrinya, Ri Sol Ju, dan beberapa pejabat lainnya. Namun, Kim tidak mengajak adiknya, Kim Yo Jong, yang dia kirim ke Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan pada bulan lalu sebagai utusan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com