Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

130 Diplomat Rusia Diusir dari Seluruh Dunia

Kompas.com - 27/03/2018, 12:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky,CNN

LONDON, KOMPAS.com — Negara di seluruh dunia menyatakan solidaritasnya terhadap Inggris setelah muncul kasus percobaan pembunuhan terhadap agen ganda bernama Sergei Skripal.

Dilansir Sky News Senin (26/3/2018), ada sekitar 130 diplomat Rusia yang harus segera angkat koper dari 21 negara di seluruh dunia.

Rinciannya, seperti dilansir CNN, 16 negara merupakan anggota Uni Eropa (UE), Amerika Serikat (AS), Kanada, Ukraina, Norwegia, dan Albania.

AS menjadi negara terbanyak dengan mengumumkan 60 diplomat Negeri "Beruang Merah" itu harus segera keluar setelah mereka diduga merupakan agen asing.

Sebanyak 48 dari total diplomat yang diusir bekerja di Kedutaan Besar Rusia di Washington. Adapun sisanya merupakan staf di markas besar PBB di New York.

Baca juga: Eropa dan AS Ramai-ramai Umumkan Pengusiran Diplomat Rusia

Dalam pidatonya di Majelis Rendah Parlemen Inggris, Perdana Menteri Theresa May mengatakan bahwa solidaritas telah ditunjukkan oleh UE maupun anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Dia menyebut aksi tersebut merupakan "pengusiran kolektif terhadap agen rahasia Rusia terbesar dalam sejarah".

"Bersama, kita telah menyebarkan pesan bahwa kita tidak akan membiarkan Rusia mencemooh hukum internasional merendahkan kedaulatan kita," kata May.

Sementara itu, Rusia menyatakan bahwa mereka tidak ada sangkut pautnya dengan percobaan pembunuhan terhadap Skripal dan putrinya Yulia.

AFP Pengusiran Diplomat akibat Skandal Skripal
"Sikap provokatif dari negara-negara yang mengikuti Inggris tanpa memandang duduk persoalan sebenarnya hanya akan mengeskalasi konfrontasi," ujar Kemenlu Rusia melalui pernyataan resminya.


Sebelumnya, Skripal dan putrinya ditemukan dalam kondisi tidak sabar pada sebuah bangku di Salisbury (4/3/2018).

May menuduh Kremlin pelakunya setelah mereka menemukan senyawa bernama Novichok dalam tubuh keduanya.

Novichok adalah racun saraf yang diklaim paling mematikan, dan dibuat di era Uni Soviet pada 1970-an.

14 Maret, May mengumumkan pengusiran terhadap 23 diplomat Rusia setelah mereka diidentifikasi sebagai mata-mata yang menyusup ke London.

Kremlin kemudian membalas Inggris dengan mengusir 23 diplomat, serta menghentikan kantor organisasi internasional British Council (17/3/2018).

Baca juga: Kemenlu Rusia: Pengusiran Massal Ini adalah Aksi Provokatif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky,CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com