Kompas.com - 27/03/2018, 09:21 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Kendati berbagai kantor berita asing melaporkan kemungkinan pejabat tinggi Korea Utara tiba di Beijing, China, Senin (26/3/2018), dengan menggunakan kereta, namun media pemerintah China tidak mewartakan laporan tersebut.

Kereta hijau bergaya kuno dengan garis horizontal kuning itu menjadi ciri khas angkutan yang pernah digunakan pemimpin Korea Utara sebelumnya, Kim Jong Il, ketika berkunjung ke Beijing pada 2011.

Kemudian, spekulasi mencuat mengenai kemungkinan pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong Un, mengunjungi China.

Media pemerintah China tidak melaporkan kedatangan kereta di Beijing, atau kunjungan Korea Utara ke Beijing.

Juru bicara kementerian luar negeri China sebelumnya menyatakan kepada pers, tidak mengetahui laporan mengenai pejabat Korea Utara terlihat di sebuah stasiun kereta, di kota Dandong, yang berbatasan dengan Korea Utara, pada akhir pekan.

Laporan dari AFP menunjukkan, tidak ada kondisi yang luar biasa di stasiun kereta api Beijing pada Senin (26/3/2018) malam.

Namun, manajer sebuah toko di alun-alun luar stasiun mengatakan, ada aktivitas yang tidak biasa pada sore hari di sekitar stasiun.

"Ada banyak petugas polisi di luar dan di sepanjang jalan, di depan stasiun. Stasiun juga diblokir dari dalam," kata pria itu.

Pemilik toko lainnya menolak berkomentar. Mereka menyatakan, tidak diizinkan untuk memberikan wawancara.

Jadwal kereta api juga ditunda sehingga memicu spekulasi bahwa kereta khusus tiba di Beijing. Penundaan itu sempat diunggah akun salah satu jaringan kereta api.

Halaman:
Sumber BBC,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.