Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres Mesir Dimulai Hari Ini, Sisi Diprediksi Menang Lagi

Kompas.com - 26/03/2018, 10:57 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

KAIRO, KOMPAS.com - Penduduk Mesir hari ini (26/3/2018) akan menggunakan hak suaranya untuk memilih petahana Abdel Fattah al-Sisi dan seorang kandidat lain dalam pemilihan presiden.

Sisi telah dipastikan memenangkan periode kedua sebagai presiden Mesir empat tahun ke depan.

Sebanyak 60 orang juta warga Mesir telah mendaftarkan diri untuk memilih presiden yang digelar pada 26 hingga 28 Maret 2018. Pemenang pilpres akan diumumkan secara resmi pada 2 April 2018.

Baca juga : Jelang Pilpres, Ledakan Bom Mobil Tewaskan Dua Orang di Mesir

Rakyat Mesir dihadapkan pada dua kandidat, memilih antara Sisi atau Moussa Mostafa Moussa yang mendaftarkan diri beberapa saat sebelum penutupan.

Moussa yang mengklaim dirinya bukanlah "boneka", pernah memimpin kampanye pemilihan kembali Sisi sampai kemudian dia terdaftar sebagai kandidat.

Lawan-lawan potensial Sisi sebelumnya telah didepak, termasuk mantan kepala staf militer Sami Anan, yang ditahan pada Januari lalu setelah mengumumkan pencalonannya.

Militer Mesir menyatakan, sang jenderal itu telah melanggar hukum karena secara ilegal menyatakan diri ikut dalam pilpres.

Baca juga : Pilpres Mesir: Sekadar Formalitas untuk Kemenangan Al-Sisi?

Dalam wawancara yang disiarkan di televisi Mesir pada pekan lalu, Sisi (63) mengatakan, tersingkirnya lawan-lawan Sisi dalam pilpres bukanlah hasil perbuatannya.

"Saya berharap, kita memiliki satu atau dua, atau tiga, atau bahkan 10 orang-orang terbaik, dan Anda memilih siapa pun yang Anda inginkan," katanya.

Sisi memenangkan kursi kepresidenan pada 2014, setahun setelah mantan kepala militer itu menurunkan Mohamed Mursi dalam protes massal.

Baca juga : Terkait Bom Mobil di Alexandria, Polisi Mesir Bunuh 6 Teroris

Dalam pilpres kala itu, Sisi harus melawan Hamdeen Sabbahi, seorang politi sayap kiri yang lebih dikenal dibanding Moussa. Namun, Sisi memenangkan pemilihan dengan perolehan suara 96,9 persen.

Namun, pada pilpres 2014, partisipasi pemilih hanya 37 persen sehingga mendorong komisi pemilihan umum memperpanjang pelaksanaan pemungutan suara. Partisipasi pemilih secara final mencapai 47,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com