Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Mal di Rusia Tewaskan 37 Orang, Puluhan Masih Hilang

Kompas.com - 26/03/2018, 08:23 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

KEMEROVO, KOMPAS.com - Sebanyak 37 orang tewas akibat kebakaran di pusat perbelanjaan yang sibuk di kota industri Kemerovo, Rusia, Minggu (25/3/2018).

Sementara itu, puluhan lainnya dilaporkan hilang, termasuk anak-anak.

"Pada saat ini, kami dapat mengkonfirmasi korban tewas kebakaran di pusat perbelanjaan Kemerovo sebanyak 37 orang," kata Komite Investigasi Rusia, seperti dilansir dari AFP.

Gambar-gambar di televisi Rusia menunjukkan asap hitam tebal keluar dari pusat perbelanjaan Winter Cherry di kota Kemerovo.

Baca juga : Ikuti Inggris, Negara-negara Ini Bakal Usir Diplomat Rusia

Selain sebagai pusat perbelanjaan, mal tersebut juga menawarkan fasilitas sauna, bioskop, dan arena boling yang penuh sesak dengan orang-orang.

Awalnya, pihak berwenang menyatakan, lima orang tewas termasuk seorang anak dan 30 orang lainnya terluka, kemudian dibawa ke rumah sakit.

Namun, ketika jumlah korban tewas baru diumumkan, satu sumber di layanan penyelamatan setempat mengatakan 69 orang termasuk 40 anak dilaporkan hilang.

Komite Investigasi memverifikasi informasi bahwa kemungkinan 35 orang kemungkinan hilang.

Temuan awal penyelidikan mengindikasikan api muncul sekitar gedung bioskop. Kemudian, kebakaran meluas dan menghancurkan lebih dari 1.000 meter persegi area pusat bioskop.

Baca juga : Kebakaran Hutan Landa Wilayah Australia, 70 Rumah dan Bangunan Hancur

"Atap runtuh di dua bioskop," kata Komite Investigasi.

Sekitar 120 orang telah dievakuasi dari pusat kebakaran. Pejabat kementerian layanan darurat Rusia Alexandre Eremeyev mengtakan, belum diketahui jumlah orang yang berada di lokasi ketika kebakaran terjadi.

Sebanyak 300 petugas pemadam kebakaran dan personel penyelamat diterjunkan ke lokasi kejadian dan kebakaran dapat dikendalikan dalam waktu sekitar 6 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com