Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Bom Bunuh Diri Serang Masjid di Afghanistan

Kompas.com - 25/03/2018, 20:15 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

HERAT, KOMPAS.com - Dua pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah masjid di Afghanistan, Minggu (25/3/2018), menewaskan satu orang dan melukai 8 lainnya.

Pelaku menyerbu pekarangan masjid Nabi Akram di kota Herat, wilayah Charhr Su, tetapi petugas keamanan berhasil menembak mati salah seorang dari mereka.

Sementara, seorang lainnya meledakkan diri sebelum mencapai aula tempat para jamaah berdoa. Puluhan orang jemaah sedang melakukan salat ketika peristiwa itu terjadi.

Baca juga : Situasi Bahaya Tak Halangi Anak-anak Afghanistan Kembali Bersekolah

Juru bicara gubernur provinsi, Jilani Farhad mengatakan kepada AFP, satu orang jemaah tewas dan 8 lainnya terluka dalam serangan tersebut. Dia menambahkan semua korban merupakan warga sipil.

Jumlah korban tewas tersebut telah dikonfirmasi oleh wakil kepala polisi Aminullah Amin.

Daerah di sekitar masjid itu ditutup oleh polisi dan ambulans terlihat bergegas membawa korban ke rumah sakit setempat.

"Polisi dan tim penyelamat mencapai lokasi setelah serangan terjadi dan semua yang terluka dilarikan ke rumah sakit regional Herat untuk menjalani perawatan," kata seorang petugas polisi.

Pasukan keamanan telah mengamankan lokasi untuk tindakan pencegahan. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Baca juga : ISIS Klaim Bom Bunuh Diri di Afghanistan saat Pesta Tahun Baru Persia

Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) kerap melakukan serangan teror dalam beberapa waktu terakhir. Cabang ISIS di Afghanistan mengklaim, telah melakukan serangan di Kabul pada pekan lalu yang menewaskan 33 orang.

Menurut PBB, warga sipil di Afghanistan terus menanggung beban konflik bersenjata yang telah menewaskan lebih dari 3.430 warga sipil dan melukai 7.000 warga sepanjang 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com