Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Penumpang Nyaris Terpanggang Dalam Bus yang Terbakar di China

Kompas.com - 23/03/2018, 21:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

HARBIN, KOMPAS.com - Puluhan penumpang nyaris tewas terpanggang di dalam bus yang mereka tumpangi, saat api tiba-tiba muncul dan menghanguskan seluruh badan kendaraan itu.

Beruntung, sekitar 50 penumpang tersebut sempat keluar dan menyelamatkan diri, sesaat setelah api terlihat di bagian belakang bus.

Insiden bus terbakar itu terjadi di pusat kota Harbin, provinsi Heilongjiang, pada Minggu (18/3/2018) lalu.

Setidaknya tiga orang dilaporkan mengalami luka akibat insiden. Korban luka yakni dua orang perempuan dan seorang penumpang laki-laki. Mereka mengalami luka bakar pada bagian tangan dan juga rambut.

Baca juga: Bus Terbakar di Dalam Terowongan, 10 Bocah TK Tewas

Rekaman kamera CCTV memperlihatkan bus baru saja berbelok ke kanan saat mendadak ban bagian kiri belakang bus meledak. Sesaat kemudian api mulai terlihat di bagian bawah bus dan dengan cepat membesar.

Menurut salah seorang penumpang, Lui Dahai, penumpang yang panik berusaha membuka pintu dengan menendang-nendangnya. Lui lantas mendekat dan menarik gagang pintu bus sehingga bisa dibuka.

Seketika penumpang berebut untuk keluar, mengakibatkan beberapa dari mereka jatuh tersungkur saat berusaha keluar.

Sekitar dua menit setelah seluruh penumpang keluar ledakan terjadi di bagian bawah bus, menyejutkan orang-orang di sekitar lokasi kejadian.

Seorang warga kemudian muncul dengan membawa alat pemadam api ringan. Dibantu sopir bus, keduanya mulai menyemprotkan alat tersebut ke arah api. Namun karena api yang telah membesar menjadi sulit dipadamkan.

Saat petugas pemadam kebakaran tiba, bus sudah terbakar habis dan tinggal tersisa kerangkanya yang menghitam.

Baca juga: Bus Pariwisata di Thailand Tabrak Pohon, 17 Orang Tewas

Kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab munculnya api dan tingkat kerugian akibat insiden ini. Demikian dilaporkan SCMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com