Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Algojo Kartel Sinaloa Bunuh Ratusan Orang dengan Cairan Asam

Kompas.com - 23/03/2018, 12:04 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Sisa-sisa tubuh 240 orang yang dibunuh dan jenazahnya kemudian dihancurkan dengan cairan asam ditemukan di sebuah kuburan massal di Meksiko.

Sebagian besar korban diyakini dibunuh oleh seorang gangster berjuluk El Pozolero atau Si Tukang Rebus.

Si Tukang Rebus atau bernama asli Santiago Meza Lopez ditangkap pada 209 dan mengakui perannya dalam membantu kartel obat bius Sinaloa menyingkirkan mayat-mayat musuh kelompok itu.

Di masa Meksiko dicengkeram kekerasan antargeng narkoba, ratusan orang menghilang tanpa jejak.

Baca juga : Tujuh Mayat Tanpa Kepala Ditemukan di Sinaloa, Meksiko

Sebagian besar dari mereka ternyata berakhir di tempat yang disebut La Gallera atau Kandang Ayam di kota Tijuana yang tak jauh dari perbatasan dengan Amerika Serikat.

Menurut dokumen pengadilan, Lopez bekerja di tempat itu ketika para petinggi kartel memintanya melakukan sebuah eksperimen pada sekitar 1996.

Mereka memasukkan berliter-liter air dan asam ke dalam sebuah tong dan menjatuhkan sepotong daging ke dalamnya selama dua jam.

Setelah itu, ternyata campuran air dan asam bisa menghancurkan daging tersebut. Dan beberapa bulan kemudian para bos kartel datang kembali kepada Lopez sambil membawa satu jenazah.

"Mereka memanggil saya kembali dan mengatakan ingin melakukan eksperimen dengan tubuh manusia," kata Lopez di pengadilan.

"Saya akan mengirimkan beberapa orang untuk berlatih sehingga mereka bisa melakukan pekerjaan ini," lanjut Lopez menirukan kata-kata para pemimpin kartel.

Di pengadilan, Lopez mengklaim awalnya dia menolak melakukan pekerjaan itu. Namun, akhirnya di terus menghancurkan jenazah manusia dan melatih orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Bahkan, pada satu titik Lopez membangun sistem drainase untuk mengosongkan sejumlah tong berisi cairan asam itu.

Setelah Lopez ditangkap, para keluarga korban membentuk organisasi yang menuntut pemerintah untuk mengidentifikasi sisa-sisa jenazah yang ditemukan di "Kandang Ayam".

Sejak 2012, setidaknya 16.500 liter materia organik dan sekitar 170-200 kilogram tulang manusia ditemukan di tempat itu.

Para pakar mengatakan, dari semua sisa jenazah itu diperkirakan tak kurang dari 650 jenazah dihancurkan di tempat tersebut.

Halaman:
Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com