Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2018, 09:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com — Roller coaster menjadi salah satu wahana yang menguji adrenalin penumpangnya sekaligus diklaim memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Namun, tak jarang, wahana tersebut berhenti di tengah jalan sehingga membuat penumpangnya terjebak pada posisi tertentu.

Itulah yang menimpa enam orang di Australia ketika sedang menikmati wahana roller coaster di taman bermain Dreamworld, Gold Coast, Queensland, Australia, Kamis (22/3/2018).

Mereka terperangkap dalam posisi mengantung selama lebih kurang 15 menit.

Baca juga: "Roller Coaster" Tercuram di Dunia, Berani Coba?

Sebuah foto yang beredar di media sosial menunjukkan, penumpang duduk menghadap langit, sementara roller coaster tak kunjung bergerak.

Momen itu direkam pengunjung lain dan terdengar suara dari staf wahana yang mencoba menenangkan mereka.

"Anda akan segera turun, kawan. Maaf atas keterlambatannya," ujarnya.

Staf terus berkomunikasi dengan mereka melalui sistem pengeras suara. Sistem sensor diklaim menjadi penyebab wahana tersebut berhenti.

"Sistem buzz saw yang mengendalikan sensor wahana untuk berhenti telah aktif pada pukul 13.40 sehingga wahana berhenti sementara," kata juru bicara Dreamworld kepada news.com.au.

Baca juga: Naik "Roller Coaster" Bantu Keluarkan Batu Ginjal

Buzz saw merupakan sensor yang dapat menghentikan wahana untuk alasan cuaca dan perilaku penumpang selama berada di wahana.

Tim teknis kemudian dapat mengaktifkan kembali wahana roller coaster dan seluruh penumpang dapat diselamatkan tanpa cedera. Pihak Dreamworld akan memeriksa wahana tersebut sebelum dibuka kembali untuk pengunjung.

Sementara manajemen Dreamworld dan induk perusahaannya, Ardent Leisure Group, tidak segera menanggapi untuk memberikan komentar terkait insiden tersebut.

Baca juga: Anak Usia 3 Tahun Terluka Setelah Terlempar dari Roller Coaster

Sebelumnya, peristiwa fatal yang melibatkan wahana di Dreamworld pernah menewaskan empat orang. Mereka mengalami kecelakaan ketika menikmati wahana Thunder River Rapids pada 25 Oktober 2016.

Setelah insiden itu, Dreamworld menutup operasionalnya selama enam pekan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com