Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Pabrik Kimia di Ceko, Enam Orang Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 22/03/2018, 22:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PRAGUE, KOMPAS.com - Insiden ledakan terjadi di sebuah pabrik kima di Ceko, Kamis (22/3/2018) pagi. Ledakan menyebabkan setidaknya enam orang tewas dan beberapa mengalami luka serius.

Dilansir dari AFP, ledakan terjadi pada kilang penyimpanan sebuah pabrik kimis di kota Kralupy nad Vltavou, sekitar pukul 10 pagi. Laporan dari dinas pemadam kebakaran setempat menyebut korban tewas berjumlah enam orang.

"Kami telah menerima informasi tentang enam korban tewas dan beberapa luka serius. Saat ini mereka telah dibawa ke rumah sakit," kata juru bicara dinas pemadam kebakaran setempat, Vladimira Kerekova.

Baca juga: Pabrik Kimia di Uzbekistan Meledak, Telan Korban Jiwa

Dia menambahkan, korban luka sebanyak enam orang. Namun rumah sakit Prahap-Vinohrady menyatakan siap menjalankan rencana darurat dan bersiap menerima jika ada tambahan korban luka.

Dilaporkan pabrik yang meledak adalah milik perisahaan Polandia Synthos, yang memproduksi karet sintetis dan plastik polistiren. Insiden ledakan juga disebut sempat terjadi di pabrik yang sama pada 2015 lalu.

Perusahaan pengolahan minyak dan produsen plastik, Unipetrol, mengatakan ledakan terjadi pada salah satu tangki penyimpanan untuk bahan bakar dan zat aditif di kilang tersebut. Belum diketahui penyebab terjadinya ledakan.

Juru bicara dinas pemadam kebakaran Petr Svoboda mengatakan, tidak ada bahaya ledakan lanjutan setelah insiden yang terjadi pada pukul 10 pagi tersebut.

Baca juga: Ledakan Besar Picu Kebakaran Sebuah Toko di Inggris, 6 Orang Terluka

Wali Kota Kralupy nad Vltavou, Petr Holecek, menegaskan tidak ada bahaya yang mengancam kota pasca-ledakan kilang pabrik kima tersebut. Mengutip juru bica kepolisian setempat, tidak ditemukan tanda-tanda kebocoran zat berbahaya.

"Saya meyakini tidak ada bahaya yang mengancam kota. Saat ini penyelidikan tengah dilakukan untuk mengetahui asal mula penyebab terjadinya ledakan," kata Holecek di sela meninjau lokasi ledakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com