Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Mencoba Bunuh Diri di Dalam Ruang Parlemen Belanda

Kompas.com - 22/03/2018, 20:56 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DEN HAAG, KOMPAS.com - Seorang pria dilaporkan mencoba untuk bunuh diri saat berlangsung sidang Majelis Rendah Parlemen Belanda di Den Haag Kamis (22/3/2018).

Diwartakan De Telegraaf via Reuters, pria berusia 65 tahun itu meloncat dari balkon saat pembicara parlemen mulai berpidato.

"Saya harus melakukan ini agar mereka semua (anggota parlemen) terbangun," kata pria tersebut seperti dikutip De Telegraaf.

Baca juga : Trik Petugas Kebakaran dan Penyelamatan Gagalkan Upaya Bunuh Diri

Dalam video yang beredar viral, aksi pria tersebut tidak berhasil, dan paramedis langsung memberi pertolongan kepadanya.

Seorang polisi menjelaskan, pria tersebut selamat meski harus menderita luka-luka. "Terdapat sebuah tanda yang berada di sekitar leher pria itu," ujarnya.

Situs Nu.nl membeberkan, seorang anggota parlemen berkata kalau pria tersebut sepertinya berniat untuk gantung diri setelah mengikatkan tali di balkon sebelum meloncat.

Media lokal seperti dilaporkan Daily Mirror mengabarkan, pria itu bernama Hans Kamperman, dan berasal dari Groenlo, sebuah kota di timur Gelderland, dan merupakan aktivis yang memperjuangkan legalisasi ganja.

Kamperman sempat mengunggah sebuah pesan di Facebook yang menjelaskan mengapa dia melakukan hal tersebut.

"Ganja dikriminalisasi. Padahal, tanaman itu bisa berguna dalam pengobatan, dan menyelamatkan Bumi. Saya harus melakukan sesuatu," kata Kamperman di Facebook.

Reuters memberitakan, ganja masih dianggap ilegal di Belanda, meski dalam perkembangannya polisi tidak akan menangkap pengguna yang mengonsumsi dalam jumlah kecil.

Baca juga : ISIS Klaim Bom Bunuh Diri di Afghanistan saat Pesta Tahun Baru Persia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com