Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Pariwisata di Thailand Tabrak Pohon, 17 Orang Tewas

Kompas.com - 22/03/2018, 10:57 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Bus pariwisata di Thailand membawa sekitar 50 penumpang menuju rumah usai berlibur. Namun, dalam perjalanan, bus tingkat tersebut tiba-tiba keluar jalur dan menabrak pohon.

Sebanyak 17 orang tewas dan puluhan lainnya terluka akibat insiden fatal itu, di provinsi Nakhon Ratchasima, Thailand, Rabu (21/3/2018) malam.

"Total korban tewas mencapai 17 orang, sementara 33 orang lainnya mengalami luka-luka," kata pejabat layanan medis provinsi kepada AFP.

Dari sejumlah foto yang beredar di media lokal menunjukkan, bagian bus tergelatak miring dan hancur.

Baca juga : Bus Jatuh dari Tebing Ketinggian 15 Meter di Filipina, 19 Orang Tewas

Kepala departemen pencegahan dan penanggulangan bencana Nakhon Ratchasima menyatakan, pengemudi bus kehilangan kendali ketika kendaraan melintasi jalan yang menurun, di distrik Wang Nam Khiao, dekat Taman Nasional Khao Yai.

Kemudian, bus keluar dari jalur dan melompati rambu lalu lintas lalu menabrak pohon besar.

"Bus itu terbelah menjadi dua bagian," katanya.

Pengemudi bus kehilangan kendali diduga akibat rem yang tidak berfungsi.

Kepala kepolisian setempat Jeerawat Prayoonsub mengatakan, pengemudi bus dapat selamat dan akan segera diinterogasi. Polisi juga belum merilis data korban secara rinci, termasuk kewarganegaraannya.

Baca juga : Dituduh Curi Bir, 2 Pria Thailand Pukuli Turis Asing

Jalanan di Thailand merupakan salah satu yang paling mematikan di dunia, menewaskan sekitar 24.000 orang setiap tahun menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lebih dari setengah kecelakaan di negara itu melibatkan sepeda motor, sepeda dan pejalan kaki, termasuk kecelakaan bus yang melibatkan wisatawan dan pekerja migran juga sering terjadi.

Pada 13 November 2017, warga Myanmar tewas karena mobil van yang mereka kendarai bertabrakan dengan truk dan terbakar di Thailand tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com