Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Red Velvet dan 160 Artis Jadi Delegasi Seni Seoul ke Korut

Kompas.com - 20/03/2018, 18:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan kembali akan mengirimkan delegasinya ke Korea Utara pada 31 Maret 2018 mendatang. Seoul bakal memberangkatkan sekitar 160 artis dan penyanyi untuk tampil di Korea Utara.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, rombongan delegasi yang semuanya merupakan artis dan tokoh industri musik tersebut akan berada di Korea Utara hingga 3 April 2018.

Di antara para artis dan penyanyi yang diberangkatkan adalah grup pop terkenal, Red Velvet, serta veteran industri musik Korsel, Cho Yong-pil dan Lee Sun-hee.

Baca juga: EXO dan Red Velvet Meriahkan SM Town di Dubai pada 6 April

Cho juga adalah penyanyi Korea Selatan yang terakhir kalinya tampil di Korut, yakni saat menggelar konser di Pyongyang pada 2005.

Rombongan delegasi kesenian Korea Selatan ini akan dipimpin penyanyi sekaligus produser, Yoon Sang.

"Saat kami tampil di atas panggung, saya yakin akan sulit menggambarkan perasaan seseorang soal denuklirisasi," kata Yoon, Selasa (20/3/2018) dilansir SCMP.

"Tugas utama kami adalah tampil dan menanamkan kekaguman di benak penonton di Korea Utara, seperti halnya yang kami lakukan di sini (Korea Selatan) dan semoga semua dapat berjalan lancar," tambahnya.

Diberangkatkannya delegasi artis dan penyanyi ini juga sebagai balasan Seoul atas delegasi kesenian yang dikirimkan Pyongyang selama pergelaran Olimpiade Pyeongchang 2018 pada Februari lalu.

Nantinya, rombongan akan tampil dalam dua pertunjukan, yakni di Teater Besar Pyongyang Timur, serta di Gedung Olahraga Ryukyung Chung Ju Yung.

Perwakilan delegasi akan mengawali kunjungan pada 22-24 Maret mendatang untuk memeriksa venue pertunjukan dan memastikan akomodasi anggota delegasi.

Sedangkan lagu dan susunan pertunjukan akan kembali dibahas dalam pertemuan lanjutan kedua negara.

Kesepakatan pemberangkatan delegasi itu menjadi langkah terbaru dalam uoaya pengenduran ketegangan hubungan kedua Korea.

Baca juga: Korea Utara Siap Kirim Grup Orkestra ke Olimpiade Pyeongchang

Selain itu juga melanjutkan upaya memperbaiki hubungan bilateral yang kembali dimulai setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sepakat mengadakan pertemuan tingkat tinggi pada akhir April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com