Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di Venezuela Ini Ciptakan Mata Uang Sendiri

Kompas.com - 19/03/2018, 21:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

ELORZA, KOMPAS.com - Di tengah hiperinflasi yang merajalela serta kelangkaan uang, sebuah kota di barat Venezuela melakukan terobosan.

Diberitakan BBC Senin (19/3/2018), Elorza, kota yang berbatasan dengan Kolombia, menciptakan mata uang yang diberi nama Elorza.

Wali Kota Elorza, Solfreddy Solorzano berkata, Elorza diciptakan bagi masyarakat yang tidak mempunyai Bolivar untuk dibelanjakan.

"Jadi, kami menciptakan mata uang dengan dua denominasi. Sejauh ini, kami telah menjual 2 miliar bolivar," kata Solorzano.

Baca juga : Hiperinflasi, Harga Sepotong Daging di Venezuela Mencapai Jutaan Bolivar

BBC memberitakan, dalam pecahan uang 100.000 Elorza, terdapat gambar pahlawan kemerdekaan lokal, Jose Andres Elorza yang juga diabadikan sebagai nama kota.

Pengusaha lokal bernama Canuto Garcia berujar, ide menggunakan Elorza muncul setelah mereka mendengar, perdagangan di kota tetangga terganggu karena kurangnya Bolivar.

"Dengan adanya Elorza, kami bisa sekadar membeli manisan, atau daging untuk membuat barbekyu," kata pengusaha bidang peternakan tersebut.

Untuk membeli Elorza, warga ataupun pengunjung harus datang ke kantor wali kota, dan membelinya dengan menyerahkan Bolivar atau sistem debit.

Petugas bakal mematok biaya komisi sebesar delapan persen dari jumlah Elorza yang diminta.

Meski begitu, jika Elorza tersebut tidak habis dibelanjakan, warga bisa mengembalikannya, dan mendapatkan Bolivar dengan jumlah yang sama.

Elorza bukan wilayah pertama di Venezuela yang menciptakan mata uang sendiri buntut hiperinflasi yang mencapai 6.000 persen pada Februari lalu.

Desember 2017, sebuah kota bernama El Panal di Caracas menerbitkan kertas dengan nama Panales, dan bisa digunakan untuk membeli beras untuk makan.

Di pasar gelap, dua miliar Bolivar setara dengan 9.000 dolar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 123,9 juta.

Baca juga : Mata Uang Venezuela Tak Berharga, Uang Kertas Diubah Jadi Barang Kerajinan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com