Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Ukraina yang Dituduh Tembak Malaysia Airlines MH17 Bunuh Diri

Kompas.com - 19/03/2018, 19:31 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

KIEV, KOMPAS.com — Seorang pilot AU Ukraina yang dituduh Rusia menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 2017 tewas bunuh diri di rumahnya.

Kepolisian Ukraina mengatakan, Kapten Vladyslav Voloshyn tewas dengan cara menembak diri sendiri di rumahnya di kota Mykolaiv dekat Laut Hitam, Minggu (18/3/2018).

Voloshyn selama ini selalu menyebut tuduhan Rusia terhadap dirinya adalah sebuah kebohongan besar.

Voloshyn bukan pilot sembarangan karena telah mengantongi 33 misi tempur dengan menggunakan jet Su-25 untuk melawan pemberontak pro-Rusia di wilayah timur Ukraina.

Baca juga: Taman Berbentuk Pita Dibangun untuk Peringati Korban Pesawat MH17

Belum lama ini, pilot 29 tahun itu ditugaskan di pangkalan udara Mykolaiv, yang terletak di wilayah selatan Ukraina tak jauh dari kota Odessa.

Anggota keluarga yang dikutip media Ukraina mengatakan, Voloshyn menderita depresi akibat tuduhan yang ditujukan kepadanya itu.

Pemerintah Rusia tak hanya menyalahkan Voloshyn sebagai biang tragedi yang menewaskan 298 penumpang dan awak pesawat Boeing 777 itu.

Rusia juga menyebut pesawat Malaysia Airlines itu jatuh akibat ditembak sistem pertahanan udara Bulk milik militer Ukraina.

Baca juga: Air Mata Keluarga Korban Pesawat MH17 Kembali Berlinang...

Para pakar independen, termasuk tim investigasi dari Belanda, menepis tuduhan Rusia tersebut.

Mereka mengatakan, seluruh bukti menunjukkan sistem pertahanan udara Bulk ditembakkan pemberontak pro-Rusia atau sebuah unit militer Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com