Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun Ini, Kereta Shinkansen Bertema Hello Kitty Rilis di Jepang

Kompas.com - 19/03/2018, 13:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Pengguna moda transportasi kereta cepat di Jepang bakal segera dapat merasakan menaiki shinkansen bertema khusus, Hello Kitty, pada akhir tahun ini.

Perusahaan operator kereta api, West Japan Railway Co. (JR West) mengumumkan akan meluncurkan kereta cepat dengan tema karakter dari Sanrio itu pada musim panas mendatang.

Disampaikan JR West dalam pernyataannya, rangkaian kereta cepat Shinkansen Hello Kitty itu akan terdiri dari delapan gerbong tipe seri 500 dan akan beroperasi di jalur Osaka-Fukuoka.

Baca juga : Ada Retak dan Kebocoran pada Gerbong, Kereta Cepat Jepang Nyaris Celaka

Kereta Shinkansen Hello Kitty tersebut nantinya akan didominasi dengan warna merah muda dan desain berupa pita, seperti yang biasa dikenakan karakter kucing tersebut.

"Desainnya terinsipirasi dari pita merah yang menjadi ciri khas Hello Kitty. Pita tersebut menggambarkan keinginan JR West untuk makin meningkatkan hubungan antara daerah dengan layanan shinkansen di Jepang barat," kata perusahaan operator kereta tersebut.

Selain dari tema khusus di badan kereta, keunikan lain dari Shinkansen Hello Kitty tersebut adalah pada gerbong pertama yang tidak akan dipasang kursi penumpang.

Pasalnya, gerbong paling depan kereta itu akan digunakan untuk kios penjualan makanan khas daerah. Sedangkan di gerbong kedua akan dihiasi dengan ornamen bertema Hello Kitty.

"Hal itu dilakukan untuk meningkatkan ekonomi sekaligus pariwisata kawasan setempat. Selain itu akan dihias dengan meriah dan menarik," tambah pernyataan JR West.

Sebelum berkolaborasi dengan kereta cepat shinkansen, Sanrio juga telah berkolaborasi dengan perusahaan operator bus dan juga pesawat terbang dalam meluncurkan bus tingkat dan pesawat jet Hello Kitty.

Baca juga: Hello Kitty Jadi Duta Besar UNWTO

Karakter Hello Kitty yang pertama kali diperkenalkan pada 1974 telah menjadi sebuah ikon asli Jepang yang dikenal dunia dan banyak digunakan di berbagai barang. Demikian dilaporkan Japan Times.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com