Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Rusia di Ukraina Tak Bisa Beri Suara dalam Pemilu Presiden

Kompas.com - 17/03/2018, 19:59 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Rusia bakal melangsungkan pemungutan suaranya dalam pemilihan presiden pada Minggu (18/3/2018). Namun, warga Rusia yang tingal di Ukraina dipastikan tidak akan bisa memberikan suaranya.

Hal tersebut menyusul keputusan Pemerintah Ukraina yang menegaskan akan memblokir akses ke misi diplomatik Moskwa di negara itu pada hari dilangsungkannya Pemil Presiden Rusia.

"Pada hari Minggu, 18 Maret 2018, pengaturan keamanan akan dilakukan terhadap misi diplomatik Rusia yang berbasis di Kiev, Kharkiv, Odessa dan Lviv," kata Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, dikutip AFP, Jumat (16/3/2018).

Baca juga: Ini Dia Tujuh Lawan Putin di Pemilu Presiden Rusia 2018

"Petugas keamanan telah diinstruksikan untuk tidak memberikan akses ke fasilitas-fasilitas tersebut kepada warga negara Rusia yang akan mengikuti pemilihan," tambahnya.

Langkah pembatasan tersebut dilakukan sebagai balasan kepada Rusia atas aneksasi terhadap wilayah Krimea, yang akan menggelar pemilihan presiden untuk pertama kalinya sejak diambil alih Moskwa pada 2014.

"Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa melakukan pemilihan ilegal di wilayah kedaulatan Ukraina yang melanggar semua norma hukum internasional tidak dapat diterima," tulis Avakov di Facebook.

Sementara, Kementerian Luar Negeri Moskwa mengkritik tindakan yang dilakukan Ukraina sangat tidak dapat diterima. Mereka menilai Ukraina telah ikut campur dalam urusan dalam negeri Rusia.

"Pemerintah Ukraina telah menunjukkan kemarahan dan mengarahkannya dendamnya pada warga Rusia biasa," kata kementerian dalam pernyataannya.

Baca juga: Putin: Pemilu AS Diintervensi, Mengapa Saya Peduli?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com