Kompas.com - 17/03/2018, 07:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selamat Hari Raya Nyepi! Mengawali akhir pekan Anda, tidak ada salahnya mengingat kembali kabar internasional apa saja yang menjadi topik pembicaraan selama sepekan ini.

Berikut ini sejumlah berita internasional yang banyak dibaca di Kompas.com pada Senin (12/3/2018) hingga Jumat (16/3/2018).

1. Xi Jinping Bisa Jadi Presiden China Seumur Hidup

Awal pekan kemarin parlemen China membuat keputusan yang mengejutkan dengan menghapus masa jabatan presiden.

Hal itu menjadikan Presiden China saat ini, Xi Jinping, berpeluang memimpin negeri China hingga seumur hidupnya dan memberinya wewenang untuk mewujudkan visi mengubah China menjadi negara adidaya ekonomi dan militer.

Amandemen konstitusi yang bersejarah itu melenggang dengan 2.958 suara mendukung, dua suara menentang, dan tiga suara abstain dalam Kongres Nasional Rakyat China, yang digelar Minggu (11/3/2018).

Sebelumnya, konstitusi menuliskan batas waktu kepemimpinan seorang presiden di China adalah dua periode, masing-masing lima tahun.

Ingin mengetahui informasi ini lebih lengkap, silakan Anda simak di sini.

2. Skandal "Hoes Hoin", Ratusan Foto Bugil Tentara AS Tersebar

Militer Amerika Serikat diguncang skandal yang melibatkan tentara perempuan. Laporan dari Vice News pada pekan lalu menyebutkan, sebuah akun Dropbox rahasia memuat ratusan foto bugil tentara perempuan AS dari lima cabang angkatan bersenjata.

Dalam folder Dropbox yang bernama "Hoes Hoin", terdapat 267 gambar secara keseluruhan dan tiga subfolder untuk kategori perempuan tertentu.

Beberapa foto memperlihatkan para tentara perempuan menunjukkan tanda pengenal dan seragam mereka. Sebagian foto menampilkan perempuan mengenakan pakaian militer.

Ini merupakan kedua kalinya Marinir AS berurusan dengan skandal foto telanjang. Tertarik membaca berita selengkapnya? Silakan klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.