Kompas.com - 16/03/2018, 23:59 WIB

VICTORIA, KOMPAS.com - Seorang pria berusia 80-an di negara bagian Victoria, Australia, menjadi orang kelima yang meninggal karena wabah bakteri listeria setelah memakan semangka jenis rockmelon yang terkontaminasi.

Hingga kini, sudah tiga warga Victoria dan dua warga New South Wales yang meninggal dunia setelah mengonsumsi buah yang diketahui terkait dengan sebuah pertanian di wilayah selatan New South Wales itu.

Pejabat Departemen Kesehatan Victoria, Dr Brett Sutton, mengatakan kematian terakhir ini telah dikonfirmasi terkait dengan wabah setelah adanya hasil tes.

"Menyedihkannya, penyelidikan ini juga memastikan bahwa satu kasus keguguran juga terkait dengan wabah tersebut," tambah Dr Sutton.

Baca juga: Dampak Wabah Listeria, Permintaan Melon di Australia Turun 90 Persen

Pihak Depkes Victoria tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang korban, termasuk tanggal kematiannya.

Selain korban meninggal, delapan warga Victoria lainnya diketahui terdampak bakteri listeria dari melon. Mereka terdiri atas empat pria dan empat wanita, semuanya berasal dari kelompok berisiko tinggi.

Kasus serupa juga dilaporkan di Queensland, New South Wales dan Tasmania.

Infeksi bakteri Listeria sangat berbahaya bagi wanita hamil, bayi yang belum lahir, orang tua, dan mereka yang mengalami gangguan kekebalan tubuh.

Bermula dengan gejala menyerupai flu seperti demam, menggigil, nyeri otot, mual, dan kadang diare.

Gejala infeksi pada wanita hamil mungkin ringan dan termasuk peningkatan suhu badan sebelum atau selama kelahiran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.