Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Tentara Turki Segera Kepung Seluruh Kota Afrin

Kompas.com - 14/03/2018, 20:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berharap pasukannya akan sepenuhnya mengepung kota Afrin pada Rabu (14/3/2018) malam.

Keterangan kantor kepresidenan Turki ini mengoreksi pernyataan Erdogan sebelumnya yang menyebut kota yang dikuasai Kurdi-Rusia akan jatuh pada Rabu malam.

"Dalam pidato presiden kalimat 'saya harap Afrin akan jatuh pada Rabu malam' harus dipahami sebagai 'sepenuhnya dikepung pada Rabu malam'," ujar sumber di kantor kepresidenan Turki.

Sebelumnya, dalam pidato di Istana Kepresidenan Ankara, Erdogan menyebut kota Afrin akan jatuh ke tangan tentara Turki dan sekutu Suriahnya.

aca juga : Erdogan Klaim Turki Lumpuhkan 3.213 Milisi di Afrin

"Kita sudah semakin dekat ke Afrin. Saya harap Afrin, dengan seizin Tuhan, akan sepenuhnya jatuh pada Rabu malam," kata Erdogan.

Namun, pernyataan Erdogan itu disebut sebagai mimpi di siang bolong oleh seorang juru bicara YPG.

Afrin, adalah kota yang menjadi target serangan tentara Turki selama tujuh pekan belakangan lewat Operasi Dahan Zaitun yang digelar sejak 20 Januari lalu.

Tujuan operasi militer ini adalah mengusir pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dari kota yang terletak di wilayah utara Suriah itu.

Turki menganggap YPG sebagai sebuah kelompok teroris dan bagian dari gerakan militan Kurdi yang memberontak selama beberapa dekade di Turki.

Namun, di sisi lain YPG merupakan sekutu utama Amerika Serikat dalam memerangi ISIS di Suriah dan operasi militer Turki ini meningkatkan ketegangan antara Ankara dengan Washington dan Eropa.

Baca juga : Turki Minta AS Cegah Pasukan Aliansi Suriah Menuju Afrin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com