Kompas.com - 14/03/2018, 20:11 WIB
|

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berharap pasukannya akan sepenuhnya mengepung kota Afrin pada Rabu (14/3/2018) malam.

Keterangan kantor kepresidenan Turki ini mengoreksi pernyataan Erdogan sebelumnya yang menyebut kota yang dikuasai Kurdi-Rusia akan jatuh pada Rabu malam.

"Dalam pidato presiden kalimat 'saya harap Afrin akan jatuh pada Rabu malam' harus dipahami sebagai 'sepenuhnya dikepung pada Rabu malam'," ujar sumber di kantor kepresidenan Turki.

Sebelumnya, dalam pidato di Istana Kepresidenan Ankara, Erdogan menyebut kota Afrin akan jatuh ke tangan tentara Turki dan sekutu Suriahnya.

aca juga : Erdogan Klaim Turki Lumpuhkan 3.213 Milisi di Afrin

"Kita sudah semakin dekat ke Afrin. Saya harap Afrin, dengan seizin Tuhan, akan sepenuhnya jatuh pada Rabu malam," kata Erdogan.

Namun, pernyataan Erdogan itu disebut sebagai mimpi di siang bolong oleh seorang juru bicara YPG.

Afrin, adalah kota yang menjadi target serangan tentara Turki selama tujuh pekan belakangan lewat Operasi Dahan Zaitun yang digelar sejak 20 Januari lalu.

Tujuan operasi militer ini adalah mengusir pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dari kota yang terletak di wilayah utara Suriah itu.

Turki menganggap YPG sebagai sebuah kelompok teroris dan bagian dari gerakan militan Kurdi yang memberontak selama beberapa dekade di Turki.

Namun, di sisi lain YPG merupakan sekutu utama Amerika Serikat dalam memerangi ISIS di Suriah dan operasi militer Turki ini meningkatkan ketegangan antara Ankara dengan Washington dan Eropa.

Baca juga : Turki Minta AS Cegah Pasukan Aliansi Suriah Menuju Afrin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.