Kompas.com - 13/03/2018, 22:10 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump dijadwalkan bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada Selasa (20/3/2018) pekan depan.

Dilansir dari The National, Mohammed bin Salman akan berada di AS selama dua pekan. Gedung Putih disebut bakal menjadi tujuan pertama putra Raja Salman itu.

Dalam pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi, Trump akan membahas masalah bilateral maupun regional, termasuk kesepakatan nuklir Iran dan perselisihan dengan Qatar.

"Presiden mengharapkan untuk membahas cara-cara memperkuat hubungan antara AS denga Arab Saudi. Juga untuk memajukan keamanan bersama dan prioritas ekonomi kami," tulis pernyataan Gedung Putih, Senin (12/3/2018).

Baca juga: Bertemu Presiden Mesir, Putra Mahkota Saudi Bahas Investasi dan Krisis

Rombongan Putra Mahkota Saudi dijadwalkan tiba di Washington DC pada Senin (19/3/2018) dan akan melakukan pertemuan tingkat tinggi selama tiga hari, di antaranya dengan pejabat senior bidang pertahanan, intelijen dan pejabat departemen negara bagian.

Mohammed bin Salman juga akan bertemu dengan anggota kongres, pemimpin perusahaan dan menghadiri setidaknya satu acara dengan analis kebijakan saat berada di Washington.

Pertemuan tersebut akan menjadi yang kedua kalinya antara Pangeran Mohammed bin Salman dengan Presiden Trump. Namun akan menjadi yang pertama sejak Mohammed bin Salman menempati posisinya sebagai putra mahkota.

Selain ke Washington, MBS, julukan Putra Mahkota Saudi, dijadwalkan juga akan berkunjung ke sejumlah kota besar di AS untuk membahas kerja sama ekonomi, investasi dalam kaitannya dengan program Visi 2030.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi Kerahkan Pasukan Elite untuk Tahan 11 Pangeran

Di antara kota yang akan dikunjungi yakni New York, Boston, Houston, San Francisco dan Seattle. Sebelumnya, MBS juga sempat berkunjung ke Silicon Valley pada 2016 silam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.