Meja Tempat Obama Makan di Restoran Vietnam Kini Dipamerkan - Kompas.com

Meja Tempat Obama Makan di Restoran Vietnam Kini Dipamerkan

Kompas.com - 13/03/2018, 21:38 WIB
Presiden AS Barack Obama makan bun cha bersama Anthony Bourdain di warung makan sederhana di Hanoi, Vietnam.  Foto ini diambil pada 2016.Dok. Facebook Anthony Bourdain Presiden AS Barack Obama makan bun cha bersama Anthony Bourdain di warung makan sederhana di Hanoi, Vietnam. Foto ini diambil pada 2016.

HANOI, KOMPAS.com - Sebuah meja di sebuah restoran di Hanoi, Vietnam yang digunakan mantan presiden AS Barack Obama dan juru masak Anthony Bourdain kini menjadi sebuah benda bersejarah.

Meja itu, lengkap dengan piring, mangkuk, dan empat botol bir kosong, oleh pemilik restoran  kini dilapisi kaca dan dipajang di rumah makan tersebut.

Pemilik warung di Hanoi itu mengatakan, Obama dan Bourdain menghabiskan 6 dolar AS atau sekitar Rp 82.000 untuk seluruh santapan.

Pemilik warung mengatakan, ide membungkus meja makan itu dengan kaca datang dari para pelanggan yang ingin melihat tempat Obama duduk dan apa yang dia makan.

Baca juga : Saat Jamuan Barbeque, Presiden Obama Makan Paling Banyak

"Para pelanggan menyukainya, banyak yang berfoto di samping meja itu," kata Nguyen Thi Hang Nga, salah seorang pemilik restoran Bun Cha Huong kepada BBC.

Meja yang digunakan Barack Obama bersantap bersama Anthony Bourdain kini diabadikan lengkap dengan piring, mangkuk, dan empat botol bir kosong.Facebook/Dam Ha Phu Meja yang digunakan Barack Obama bersantap bersama Anthony Bourdain kini diabadikan lengkap dengan piring, mangkuk, dan empat botol bir kosong.
"Bagi kami itu adalah sebuah kenangan indah yang selalu kami bicarakan. Ini bukan cara menarik pelanggan. Saya juga yakin meja ini tak serta merta menarik lebih banyak pelanggan," Nguyen.

"Meja ini mulai dipamerkan sebelum Tahun Baru Imlek dan saya tak melihat adanya perubahan jumlah pelanggan," tambah dia.

"Tentu saja semua mangkuk dan piring yang dipamerkan sudah dicuci, termasuk keempat botol bir itu," lanjut Nguyen.

Diyakini, ini adalah kali pertama seorang tokoh non-Vietnam mendapatkan penghargaan seperti ini.

Baca juga : Tempat Resepsi Dipakai Obama Makan Malam, Pasangan Ini Nyaris Batal Menikah

Obama mengunjungi Vietnam dua tahun lalu di pengujung masa jabatannya dan dia menyempatkan diri menyantap makanan khas negeri itu dengan Anthony Bourdain.

Foto keduanya sedang bersantap diunggah ke akun Instagram Bourdain dan berhasil menarik 120.000 "likes" dan komentar.


Komentar
Close Ads X