Di Kanada, Raja dan Ratu Belgia Disambut Kibaran Bendera Jerman - Kompas.com

Di Kanada, Raja dan Ratu Belgia Disambut Kibaran Bendera Jerman

Kompas.com - 13/03/2018, 14:17 WIB
Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia disambut Gubernur Jenderal Kanada di Ottawa, Senin (12/3/2018).AFP Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia disambut Gubernur Jenderal Kanada di Ottawa, Senin (12/3/2018).

OTTAWA, KOMPAS.com - Dalam sebuah kunjungan kenegaraan seorang kepala negara ke negara lain, seharusnya semua hal yang menyangkut agenda tersebut sudah disiapkan.

Namun, sebuah kesalahan kecil namun amat mengganggu mewarnai kunjungan Raja dan Ratu Belgia ke Kanada pada Senin (12/3/2018), yaitu terkait bendera negeri Eropa itu.

Bendera Belgia terdiri kotak vertikal berwarna hitam, merah , dan kuning. Namun, pemerintah Kanada memasang bendera dengan tiga warna yang sama tetapi tersusun secara horizontal.

Baca juga : Jepang Protes Korea Gunakan Bendera Persatuan, Ada Apa?

Alhasil, yang berkibar di lokasi tempat raja dan ratu Belgia berkunjung di ibu kota Kanada, Ottawa bukan bendera Belgia tetapi bendera Jerman!

Bendera Jerman (kiri) dan Belgia (kanan).Wikipedia Bendera Jerman (kiri) dan Belgia (kanan).
Celakanya, bendera "Belgia" itu dipasang sebuah pohon yang ditanam di sebuah taman pada 1977 oleh Ratu Belgia, Fabiola dalam kunjungan terakhir keluarga kerajaan Belgia ke Kanada.

Di dekat pohon itulah Raja Philippe dan istrinya, Mathilde juga akan menanam sebatang pohon.

"Saat kami mempersiapkan upacara penanaman pohon di Rideau Hall, kami memerhatikan ada kesalahan dengan bendera-bendera kecil yang dipasang di pohon yang ditanam Ratu Fabiola pada 1977," kata juru bicara  Gubernur Jenderal Kanada Julie Payette.

Baca juga : Ketika Bendera Korea Utara Berkibar di Pyeongchang, Korea Selatan

"Kami segera memperbaiki situasi sebelum raja dan ratu tiba untuk menanam pohon," tambah sang juru bicara.

Raja Philippe dan Ratu Mathilde melakukan kunjungan kenegaraan di Kanadal hingga 17 Maret serta akan singgah di Ottawa, Toronto, dan Montreal.

 


Komentar
Close Ads X