Kompas.com - 12/03/2018, 23:51 WIB

ANAR DARA, KOMPAS.com - Kelompok Taliban dilaporkan telah menguasai sebuah pusat distrik di wilayah Afghanistan barat di provinsi Farah yang berbatasan dengan Irak.

Menurut pemerintah setempat, Taliban telah melakukan perlawanan terhadap pasukan Afghanistan di wilayah tersebut selama beberapa bulan terakhir.

Juru bicara gubernur provinsi Farah, Naser Mehri, dilansir Arab News, menyampaikan pada Senin (12/3/2018), kelompok besar anggota Taliban telah menguasai pusat distrik Anar Dara pada Minggu (11/3/2018), setelah melalui pertempuran selama berjam-jam.

Juru bicara Taliban, Qari Yousuf Ahmadi mengatakan, setidaknya 15 petugas kepolisian Afghanistan telah menjadi korban tewas. Sementara sejumlah kendaraan militer turut disita bersama dengan sejumlah besar amunisi.

Baca juga: Presiden Afghanistan Tawarkan Perdamaian kepada Taliban Lewat Ini

Taliban juga merilis foto-foto yang menunjukkan anggota mereka tengah berada di kota tersebut usai pertempuran.

Pejabat setempat sebelumnya menyampaikan, kelompok Taliban telah menimbulkan kerugian besar terhadap pasukan khusus Afghanistan di distrik lain di provinsi Farah.

Tekanan Taliban di wilayah tersebut semakin meningkat setelah serangan udara AS dan operasi militer Afghanistan yang menimbulkan korban berat pada kelompok tersebut di provinsi Helmand, yang menjadi ladang opium utama sekaligus kawasan penting bagi pemberontak.

Meski sejumlah wilayah masih dan kembali dikuasai oleh Taliban, militer Afghanistan bersama sekutunya, AS tetap optimis akan hasil akhir dari peperangan tersebut.

Baca juga: Taliban Ingin Mengakhiri Perang dengan Dialog Damai

Presiden AS Donald Trump sebelumnya juga telah mengumumkan strategi militer baru yang diyakini bakal lebih kuat dibandingkan tahun lalu, dengan menambah frekuensi serangan udara dan dukungan lebih besar untuk pasukan Afghanistan.

Pada bulan Desember lalu, militer AS telah memperkirakan pemerintah Afghanistan akan mengendalikan dan memiliki pengaruh di 56 persen distrik yang ada, sementara pemberontak menguasai atau tengah memperebutkan sisanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.