Kompas.com - 10/03/2018, 21:29 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan telah melumpuhkan banyak milisi kelompok Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

"Sejak operasi 'Tangkai Zaitun' dimulai, total militer telah melumpuhkan 3.213 milisi," kata Erdogan dilansir dari Hurriyet Sabtu (10/3/2018).

Sebelumnya, Dewan Jenderal Turki mengumumkan kalau operasi yang dimulai sejak 20 Januari lalu tersebut telah melumpuhkan 3.195 anggota YPG.

Hurriyet memberitakan, otoritas Turki sering menggunakan kata "melumpuhkan" bagi kelompok pemberontak yang menyerah, tertangkap, atau tewas.

Sementara itu, militer Turki yang dibantu Tentara Pembebasan Suriah (FSA) mengklaim telah merebut tiga desa dari YPG di Afrin.

Baca juga : Erdogan Sebut Pasukan Turki Siap Kuasai Pusat Kota Afrin

Sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu, ketiga desa tersebut adalah Babak Ushagi, Qorta, dan Qasha di Bulbul.

Total, selama 1,5 bulan operasi militer, Turki yang dibantu FSA telah mengamankan 167 lokasi.  Termasuk di dalamnya lima pusat kota, 131 desa, 31 kawasan strategis, dan satu markas YPG.

Pada Jumat (9/3/2018), Erdogan berkoar kalau Afrin semakin dekat dalam jangkauan Turki. "Sekarang tujuan utama kami adalah Afrin. Kami bisa memasukinya kapan pun," ujarnya.

Jika Afrin berhasil direbut, Erdogan mengumumkan bakal memperluas ekspansi ke daerah Suriah lain yang berbatasan dengan Turki.

"Setelah ini, kami bakal mengusir mereka (Afrin) dari Manbij, Ayn al-Arab, Tel-Abyad, Ras al-Ayn, dan Qamishli," beber Erdogan dikutip dari AFP.

Halaman:
Sumber Hurriyet,AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.