Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plasenta Bayi Bikin Milyader Hidup Abadi, Kok Bisa?

Kompas.com - 09/03/2018, 18:09 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperkirakan berapa harga keabadian? Menurut miliarder teknologi Amerika Serikat, Peter Diamandis, 250 juta dollar AS atau setara dengan Rp 3,4 triliun adalah jumlah yang cukup buat investasi awal.

Dana sebesar itu dia kumpulkan untuk perusahaan start up bernama Celularity. Perusahaan ini melakukan penelitian sel punca dari plasenta manusia untuk meregenerasi jaringan yang rusak.

Celularity berambisi "membuat usia 100 tahun layaknya 60 tahun dan menyediakan tingkat estetika, mobilitas dan kesadaran maksimal buat manusia di hari tua".

Diluncurkan akhir tahun silam, Celularity menggandeng nama-nama papan atas teknologi AS sebagai investor dan dewan komisaris. Mulai dari bekas Direktur Apple, John Sculley, pendiri Oracle Larry Ellison atau duo Google Larry Page dan Sergey Brin, hingga pendiri Amazon, Jeff Bezos, yang baru saja didapuk sebagai manusia terkaya di bumi tertarik dengan hal ini.

Baca juga: Bagaimana Perkembangan Terapi Sel Punca di Indonesia?

Rahasia Umur Panjang

Mereka percaya, plasenta menyimpan rahasia usia panjang dan bakal membantu manusia mengalahkan penyakit seperti kanker, alzheimer, atau AIDS.

"Berbagai studi membuktikan, ketika manusia menua, populasi sel punca di organ dan jaringan kita menyusut secara drastis dan merenggut kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri," tulis Celularity dalam situsnya.

"Dengan memulihkan cadangan sel punca secara berkala, kita bisa menciptakan kelangsungan hidup," imbuhnya.

Alasannya...

Sel Punca yang bisa dikembangkan menjadi berbagai jenis sel, termasuk sel otot atau sel otak. Hal ini menjadi harapan terbesar manusia memperpanjang usia.

Saat ini sel punca yang diambil berasal dari embrio manusia yang berusia tujuh hari setelah pembuahan. Sel punca pada usia tersebut menjadi yang paling diincar para ilmuwan karena sifatnya yang mudah diolah dan fleksibel.

Sayangnya, penelitian sel punca embrio ini banyak dilarang di negara barat. Itu karena pengambilan sel punca embrio bisa mengakibatkan kematian embrio itu sendiri.

Dengan kata lain, pengambilan sel punca bayi yang masih dalam kandungan bisa membunuh kehidupan.

Ini pula yang menyebabkan ilmuwan banyak bergantung pada sel punca manusia dewasa yang rapuh dan sulit diolah dengan teknologi yang ada sekarang. Apalagi, sel punca manusia dewasa harus digunakan pada pemberi donor sel sendiri untuk menghindari komplikasi.

Baca juga: Pada Sel Punca Otak, Ilmuwan Temukan Kunci Umur Panjang

Dari hal inilah, Dr. Robert Hariri, pendiri Celularity, melirik plasenta sebagai sumber sel punca. Menurutnya, penelitian sel punca plasenta bisa membuat ongkos terapi menjadi lebih murah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com