Kompas.com - 05/03/2018, 23:08 WIB

DANANG, KOMPAS.com — Sebuah kapal induk Angkatan Laut AS tiba di perairan Vietnam. Hal tersebut menjadi kali pertama sejak berakhirnya Perang Vietnam.

Diyakini, kunjungan armada Angkatan Laut AS tersebut dilakukan sebagai upaya membendung ekspansi pengaruh China di wilayah Laut China Selatan.

Kapal induk AS, USS Carl Vinson, merapat ke pelabuhan di kota pesisir Danang, Vietnam, Senin (5/3/2018). Kapal induk yang membawa lebih dari 6.000 kru itu datang dengan didampingi kapal penjelajah dan kapal penghancur.

Konvoi angkatan laut AS itu menjadi yang terbesar ke Vietnam sejak berakhirnya perang pada tahun 1975.

Baca juga: Pertama Sejak 1975, Kapal Induk AS Akan Kunjungi Vietnam

Kunjungan tersebut juga datang saat China tengah meningkatkan kehadiran kekuatan militernya di Kepulauan Paracel dan tujuh daratan buatan di Spratlys, yang juga diklaim Vietnam.

"Kehadiran kapal induk AS ke Vietnam menandakan tingkat kepercayaan kedua negara yang sempat berperang itu kini semakin meningkat, juga menunjukkan keterlibatan angkatan laut Amerika yang terus berlanjut di kawasan ini," kata peneliti dari Institut ISEAS-Yusof Ishak, Le Hong Hiep, yang berbasis di Singapura.

Disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang, kunjungan angkatan laut AS itu membawa misi persahabatan yang akan melakukan pertukaran teknis, pertandingan olahraga, dan rangkaian kegiatan masyarakat lainnya.

"Kunjungan itu akan terus mempromosikan hubungan bilateral dalam kerangka kemitraan komprehensif kedua negara dan berkontribusi dalam menjaga perdamaian, stabilitas keamanan, kerja sama, dan pembangunan di wilayah ini," kata Hang.

Baca juga: China Berambisi Sudah Memiliki Kapal Induk Bertenaga Nuklir pada 2025

AS telah memperbaiki hubungan dengan Vietnam sejak 1995 dan mengangkat embargo senjata pada 2016. Kedua negara juga terus memperbaiki hubungan bilateral di semua bidang, termasuk perdagangan, investasi, dan keamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Arab News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.