Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Induk AS Berlabuh ke Vietnam, China Waspada

Kompas.com - 05/03/2018, 23:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Arab News

DANANG, KOMPAS.com — Sebuah kapal induk Angkatan Laut AS tiba di perairan Vietnam. Hal tersebut menjadi kali pertama sejak berakhirnya Perang Vietnam.

Diyakini, kunjungan armada Angkatan Laut AS tersebut dilakukan sebagai upaya membendung ekspansi pengaruh China di wilayah Laut China Selatan.

Kapal induk AS, USS Carl Vinson, merapat ke pelabuhan di kota pesisir Danang, Vietnam, Senin (5/3/2018). Kapal induk yang membawa lebih dari 6.000 kru itu datang dengan didampingi kapal penjelajah dan kapal penghancur.

Konvoi angkatan laut AS itu menjadi yang terbesar ke Vietnam sejak berakhirnya perang pada tahun 1975.

Baca juga: Pertama Sejak 1975, Kapal Induk AS Akan Kunjungi Vietnam

Kunjungan tersebut juga datang saat China tengah meningkatkan kehadiran kekuatan militernya di Kepulauan Paracel dan tujuh daratan buatan di Spratlys, yang juga diklaim Vietnam.

"Kehadiran kapal induk AS ke Vietnam menandakan tingkat kepercayaan kedua negara yang sempat berperang itu kini semakin meningkat, juga menunjukkan keterlibatan angkatan laut Amerika yang terus berlanjut di kawasan ini," kata peneliti dari Institut ISEAS-Yusof Ishak, Le Hong Hiep, yang berbasis di Singapura.

Disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang, kunjungan angkatan laut AS itu membawa misi persahabatan yang akan melakukan pertukaran teknis, pertandingan olahraga, dan rangkaian kegiatan masyarakat lainnya.

"Kunjungan itu akan terus mempromosikan hubungan bilateral dalam kerangka kemitraan komprehensif kedua negara dan berkontribusi dalam menjaga perdamaian, stabilitas keamanan, kerja sama, dan pembangunan di wilayah ini," kata Hang.

Baca juga: China Berambisi Sudah Memiliki Kapal Induk Bertenaga Nuklir pada 2025

AS telah memperbaiki hubungan dengan Vietnam sejak 1995 dan mengangkat embargo senjata pada 2016. Kedua negara juga terus memperbaiki hubungan bilateral di semua bidang, termasuk perdagangan, investasi, dan keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com