Kompas.com - 05/03/2018, 20:34 WIB
|

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemerintah Irak, Senin (5/3/2018), memerintahkan penyitaan seluruh aset milik mantan pemimpin negeri itu Saddam Hussein.

Selain itu, pemerintah Irak juga memerintahkan penyitaan aset dari sekitar 4.200 orang mantan pejabat rezim Saddam.

Daftar para pejabat zaman rezim Saddam Hussein disusun sebuah badan pemerintah yang bertugas melacak jejak para petinggi Partai Baath , termasuk kerabat mereka.

Nama Saddam Hussein muncul paling atas dalam daftar itu yang juga memasukkan nama anak-anak, cucu, dan kerabat sang mantan diktator.

Baca juga : Nama Putri Saddam Hussein Masuk Daftar Buronan Irak

Selain Saddam nama-nama lain yang muncul adalah para mantan menteri, kepala keamanan, petinggi Partai Baath termasuk mereka yang saat ini dipenjara, sudah meninggal dunia, atau sudah dieksekusi.

Beberapa nama yang cukup dikenal adalah Ali Hassan al-Majid, sepupu Saddam Hussein yang juga dikenal dengan nama "Chemical Ali".

Ali digantung pada 2010 karena memerintahkan pembunuhan ratusan orang Kurdi dengan menggunakan gas beracun pada 1988.

Nama lain adalah Tareq Aziz, menteri luar negeri dan wakil perdana menteri di masa pemerintahan Saddam Hussein.

Dijatuhi hukuman mati pada 2013, Aziz, satu-satunya orang Kristen di lingkaran dalam Saddam, meninggal dunia pada 2015 di dalam penjara.

Sementara putra Aziz yang bernama Ziad mengecam penerbitan daftar nama itu dan menyebutnya sebagai "langkah untuk memenangkan suara" menjelang pemilu pada 12 Mei mendatang.

Halaman:
Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.