Kompas.com - 05/03/2018, 10:17 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Putra mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mendarat di Mesir, Minggu (5/3/2018), dan disambut oleh Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi.

Kunjungan resmi ke luar negeri tersebut merupakan debut pertama dari Pangeran Mohammed, setelah kerajaan memilihnya sebagai putra mahkota.

Pangeran Mohammed yang menjabat sebagai wakil perdana menteri sekaligus menteri pertahanan ini, disambut Sisi di Bandara Internasional Kairo.

Dilansir dari Arab News, baru beberapa jam pertemuan, kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman untuk mengaktifkan investasi senilai 16 miliar dollar Amerika Serikat atau Rp 219,8 triliun.

Baca juga : Presiden Mesir: Menghina Tentara dan Polisi adalah Pengkhianat Negara

Mereka juga menandatangani kesepakatan untuk melanjutkan kerja sama guna menyelesaikan krisis politik di Timur Tengah. Selain itu, keduanya juga berkomitmen terhadap perlindungan lingkungan.

Selama pertemuan berlangsung, kedua belah pihak meninjau kembali hubungan bilateral strategis dan membahas perkembangan kawasan, terutama isu-isu yang berkaitan dengan keamanan, stabilitas, dan terorisme.

Juru bicara kepresidenan Mesir Bassam Rady mengatakan, keamanan Teluk merupakan bagian integral dari keamanan nasional Mesir.

"Presiden Sisi berbicara mengenai kerja sama bilateral dengan Arab Saudi di semua bidang," katanya.

Baca juga : Putra Mahkota Saudi Kerahkan Pasukan Elite untuk Tahan 11 Pangeran

Selain itu, untuk mendukung hubungan ekonomi, keduanya akan meluncurkan proyek bersama sektor pariwisata di Laut Merah.

AFP melaporkan, kunjungan Pangeran Mohammed dilakukan menjelang pemilihan presiden Mesir pada akhir Maret ini, dengan perkiraan Sisi akan memenangkan masa jabatan empat tahun kedua.

"Kunjungan akan ditafsirkan sebagai bukti dukungan Saudi terhadap Sisi untuk tetap menjadi presiden Mesir," kata Mostafa Kamel Al Sayed, profesor ilmu politik di Universitas Kairo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP,Arab News


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.