Kompas.com - 05/03/2018, 09:29 WIB

GRENOBLE, KOMPAS.com - Dua pemain ski asal Perancis dan Belgia tewas akibat tersapu longsoran salju di Pegunungan Alpen Perancis pada Minggu (4/3/2018).

Sementara itu, masih ada tiga orang lainnya yang dilaporkan hilang. Tewasnya pemain ski kali ini menambah daftar panjang korban sejak Jumat lalu.

Menteri Dalam Negeri Perancis Gerard Collomb mendesak semua pihak yang ikut serta dalam olahraga musim dingin untuk lebih berhati-hati.

"Ikuti petunjuk pemerintah yang sangat diperlukan sehingga tidak membahayakan diri sendiri, dan tidak membahayakan tim penyelamat," kicaunya di akun Twitter.

Kedua pemain ski tersebut meninggal akibat longsoran secara simultan pada siang hari, saat mereka bermain ski dari resor Vallorcines di wilayah Chamonix-Mont Blanc.

Baca juga : Salju Longsor di Pegunungan Alpen, Empat Pemain Ski Tewas

Salah satu korban tewas sempat terkubur di dalam salju dan diselamatkan, kemudian dibawa ke rumah sakit. Namun, dia meninggal beberapa jam kemudian.

Sedangkan, korban lainnya ditemukan dalam kondisi sudah tewas.

Beberapa jam sebelumnya, di Samoens dekat perbatasan Swiss, seorang pendaki gunung asal Swiss juga tersapu longsiran salju.

Cuaca buruk juga memaksa regu pencari untuk membatalkan misi penyelematan, dan melanjutkan pencarian keesokkan harinya.

Istri dari pendaki gunung itu juga terkubur di salju, namun dia berhasil menyelamatkan diri dengan luka ringan.

"Kami pesimis mengenai kemungkinannya karena dia sudah lima jam terkubur di bawah salju," kata pejabat regional Haute-Savoie, Minggu (4/3/2018).

Baca juga : Rombongan Pejabat Korea Selatan Survei Resor Ski di Korea Utara

Pada Sabtu (3/3/2018), dua pemain ski asal Spanyol juga tewas akibat terkena longsoran salju di Perancis sebelah tenggara.

Sehari sebelumnya, empat pemain ski juga harus kehilangan nyawa di taman nasional Mercantour, di Pegunungan Alpen Perancis, sebuah wilayah hamparan salju paling mematikan pada musim dingin sejauh ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.