Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Seekor Kuda Ditemukan Terikat pada Pohon di Inggris

Kompas.com - 04/03/2018, 23:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HUNGERFORD, KOMPAS.com - Kepolisian di tenggara Inggris tengah melakukan penyelidikan atas kasus penyiksaan dan pembunuhan seekor kuda, setelah ditemukannya hewan tersebut yang diikat di sebatang pohon.

Seekor kuda ditemukan sudah tidak bernyawa dan dalam kondisi terikat ke sebatang pohon di Denford, sekitar satu kilometer dari kota Hungerford. Diduga kuda tersebut sempat ditarik menggunakan mobil sebelum mati dan ditinggalkan.

Bangkai kuda itu sempat menjadi tontonan warga yang melintas sebelum kemudian dilaporkan salah seorang warga ke kepolisian Thames Valley.

Baca juga: Kelakuan Wisatawan di China Nekad Naiki Patung Kuda Usia 1.000 Tahun

Petugas satwa liar setempat David Burleigh yang mendatangi lokasi kejadian segera menutup bangkai kuda berwarna hitam dan putih itu dengan kain agar tidak menjadi tontonan warga.

"Tidak bisa dipastikan apakah kuda masih dalam keadaan hidup saat diikatkan ke pohon dan ditinggalkan," kata dia dilansir Metro.co.uk.

Namun melihat kondisi keempat kaki kuda yang diikat menjadi satu, besar kemungkinan hewan tersebut sudah mati di lokasi lain, kemudian dibawa ke tempat ditemukannya.

"Kuda itu diikat ke pohon kemungkinan untuk menurunkannya dari kendaraan dengan tujuan membuangnya," tambah Burleigh.

Penemuan bangkai kuda dilaporkan sekitar pukul 06.00. Tidak adanya microchip pada hewan tersebut menyulitkan petugas dalam mengidentifikasi pemiliknya.

Berdasarkan undang-undang tindak pidana, pelaku yang telah meninggalkan kuda itu terancam hukuman penjara hingga 51 minggu dan atau denda hingga 20.000 poundsterling (sekitar Rp 3,8 miliar).

Baca juga: Ketika Paus Fransiskus Menolong Polisi yang Jatuh dari Kuda di Chile

Menurut data dari kelompok penyelamat hewan, laporan akan hewan yang dibuang atau ditelantarkan telah mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut diduga turut dipengaruhi situasi tekanan ekonomi yang semakin buruk, mendorong pemilik hewan yang ingin menghindari biaya perawatan hewan membuang mereka.

Beberapa pedagang dan peternak hewan juga dilaporkan memilih membuang bangkai hewan ternak atau peliharaan mereka yang mati daripada harus mengeluarkan uang untuk menguburkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com