Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Longsor di Pegunungan Alpen, Empat Pemain Ski Tewas

Kompas.com - 02/03/2018, 23:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ENTRAUNES, KOMPAS.com - Empat pemain ski dilaporkan tewas dan seorang lainnya masih dalam pencarian setelah sebuah longsoran salju terjadi di wilayah Pegunungan Alpen, Perancis, pada Jumat (2/3/2018).

Laporan kepolisian menyebut empat pemain ski dipastikan meninggal dunia dan beberapa lainnya mengalami luka akibat salju yang longsor di daerah sekitar Entraunes di sisi selatan Pegunungan Alpen yang dekat dengan perbatasan Italia.

Dikutip Daily Mail, Kepala Wilayah Alpes-Maritimes, Georges-Francois Leclerc, mengatakan, salju longsor telah menerjang sekelompok orang yang sedang berski di dekat taman nasional Mercantour.

Baca juga: Tersapu Salju Longsor, 1 WN Belanda Tewas dan 2 Hilang di Alpen

Empat jenazah telah ditemukan di bawah tumpukan longsoran salju, sedangkan satu orang yang diketahui hilang kini masih dalam pencarian. Operasi penyelamatan telah dilangsungkan.

Perdana Menteri Perancis, Edouard Philippe yang sedang berkunjung ke kota selatan Nice menyampaikan telah menginstruksikan dilakukannya operasi penyelamatan korban.

Sementara media lokal melaporkan, para pemain ski termasuk seorang pemandu telah keluar dari jalur luncuran dan memasuki daerah yang terpencil.

Menurut laporan longsoran terjadi sebelum pukul 13.00 waktu setempat.

Salju longsor telah menjadi bahaya paling mematikan di kawasan pegunungan di Perancis selama musim dingin.

Pada Februari lalu, salju longsor juga terjadi di pegunungan Pyrenees dan menewaskan tiga orang pemain ski.

Total telah ada 16 pemain ski meninggal dunia sejak dibukanya musim ski di Perancis pada November lalu, sementara 11 lainnya cedera.

Baca juga: Hujan Salju Terlebat dalam 60 Tahun di Moskow Tewaskan 1 Orang

Pegunungan Alpen diguyur hujan salju yang lepas sejak awal pekan ini, menjadikan salju menumpuk dan menaikkan risiko terjadinya longsor.

Pihak berwenang telah kerap menyampaikan peringatan kepada para pemain ski akan bahaya longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com