Kompas.com - 02/03/2018, 09:34 WIB


PENTAGON, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat alias Pentagon merencanakan penyelenggaraan parade militer pada 11 November 2018, menyusul adanya permintaan dari Presiden AS Donald Trump.

"Kami melihat arahnya pada 11 November, pada Hari Veteran," kata juru bicara Pentagon Dana White, Kamis (1/3/2018).

White menambahkan, parade tersebut bisa dilaksanakan bersamaan dengan perayaan 100 tahun Perang Dunia I yang dijadwalkan pada 11 November 2018, yang juga dikenal sebagai Hari Veteran di AS

"Jadi itu akan menjadi perayaan, tidak hanya dari anggota kami saat ini, tapi juga mereka yang berjuang di masa lalu," katanya.

Baca juga : Unjuk Kekuatan, Trump Ingin Gelar Parade Militer Besar-besaran

Sebelumnya, Gedung Putih menyatakan, Trump menginginkan sebuah parade untuk unjuk kekuatan militer AS.

Pengumuman tersebut memicu reaksi publik, terutama mengenai perkiraan anggaran yang akan digelontorkan sekitar 20 juta dollar AS atau Rp 275,2 miliar.

Anggaran tersebut berdasar pada parade militer dalam pelantikan Barack Obama, yang menelan biaya 21 juta dollar AS hingga 26 juta dollar AS (Rp 289 miliar-Rp 357 miliar).

Trump meminta penyelenggaraan parade militer setelah terkesan dengan parade peringatan Bastille di Perancis, di mana dia menerima keriuhan pawai militer dari Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Juli 2017.

Baca juga : Trump Ingin Pengedar Narkoba Dapat Hukuman Mati

Duduk di Champs-Elysees, Trump begitu terpesona dengan derap kuda maupun deru jet tempur Garda Republik Perancis.

"Kami memikirkan parade megah untuk menunjukkan kekuatan militer kami pada 4 Juli di Pennsylvania Avenue," kata Trump saat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.