Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia: Kelompok Pemberontak Langgar "Jeda Kemanusiaan" di Ghouta Timur

Kompas.com - 28/02/2018, 17:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia telah mengumumkan adanya penghentian atau jeda serangan sementara ke daerah kantong yang dikuasai pemberontak di Ghouta Timur selama lima jam setiap harinya sejak Selasa (27/2/2018).

Namun Kremlin mengatakan, kelangsungan gencatan senjata sementara yang disebut "jeda kemanusiaan" pada pukul 9.00 sampai 14.00 setiap hari itu, ke depannya bergantung pada sikap kelompok pemberontak.

"Semua bergantung pada bagaimana sikap kelompok teroris, apakah mereka akan terus melepaskan tembakan, apakah mereka akan terus melanjutkan tindak provokasi," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Perkov dilansir AFP.

Baca juga: Putin Perintahkan Jeda Serangan ke Ghouta Timur selama Lima Jam Setiap Hari

Penerapan "jeda kemanusiaan" tersebut atas instruksi Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengendaki adanya penghentian serangan untuk memberi kesempatan warga sipil melakukan evakuasi dari wilayah kantong gerilyawan di Ghouta Timur.

Jeda tersebut juga sebagai reaksi atas resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan adanya gencatan senjata selama 30 hari.

Namun PBB mengatakan pada Selasa (27/2/2018) pertempuran tetap berkecamuk di daerah tersebut dan membuat operasi bantuan mustahil dilakukan.

Rusia menuduh kelompok-kelompok teror di Ghouta Timur tidak membiarkan warga sipil untuk melarikan diri dan keluar melalui pos pemeriksaan pemerintah Suriah.

"Ada tembakan yang dilepaskan kelompok militan dan tidak ada satu pun warga sipil yang keluar," kata Jenderal Viktor Pankov kepada media Rusia.

Menurut perwira militer Rusia lainnya yang ada di lokasi, Vladimir Zolotukhin, kelompok militan telah melancarkan setidaknya 22 kali serangan dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Turki Desak Iran dan Rusia Bujuk Suriah Hentikan Bombardir di Ghouta

Meskipun bentrokan bersenjata masih terus terjadi di Ghouta Timur, tingkat kekerasan diklaim menurun secara signifikan selama berlangsungnya jeda kemanusiaan.

"Lima jam pertama gencatan senjata bisa menjadi kemajuan nyata. Meskipun lima jam itu tidaklah cukup, ini bisa menjadi langkah awal dan kami mendukungnya," kata Menteri Urusan Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian didampingi Menlu Rusia Sergei Lavrov di Moskwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com