Kompas.com - 27/02/2018, 09:23 WIB


NEWARK, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan United Airlines rute New Jersey ke Tampa tidak bisa lepas landas sesuai jadwal pada Minggu (25/2/2018) malam.

Alasannya, seorang penumpang keluar dari pesawat dengan membuka pintu darurat dan meluncur di landasan darurat yang mengembang.

Maskapai United Airlines dengan nomor penerbangan 1640 di Bandara Internasional Newark Liberty terpaksa menunda keberangkatan karena ulah salah satu penumpang.

Ketika petugas mencapai lokasi, penumpang tersebut ternyata panik telah naik pesawat yang salah.

"Sementara penerbangan 1640 telah berada di Bandara Internasional Newark Liberty, seorang penumpang membuka pintu darurat dan keluar dari pesawat dengan meluncur," kata juru bicara United Airlines, Maggie Schmerin, seperti dikutip dari NBC News, Senin (26/2/2018).

Baca juga: "Powerbank" Terbakar di Bagasi Kabin, Penerbangan Ditunda 3 Jam

Kendati penumpang tersebut mengklaim telah naik pesawat yang salah, petugas bandara mengatakan, pria itu memiliki tiket tujuan ke Tampa.

Petugas mengidentifikasi penumpang itu bernama Troy Fattun (25) dan kini sedang diamankan. Sejauh ini, belum ada tuduhan yang diarahkan kepadanya.

Selain itu, belum juga diketahui apakah Fattun didampingi pengacara atau tidak.

Penerbangan tertunda lima jam. Salah satu saksi mata, John O'Malley, mengatakan, semua penumpang turun dari pesawat setelah kejadian itu.

Baca juga: Mengapa Merokok di dalam Pesawat Itu Dilarang?

Dari video yang direkam O'Malley tampak dua petugas polisi membawa Fattun keluar dari lokasi kejadian.

United Airlines mengonfirmasi, pesawat dapat berangkat pukul 00.09, Senin (26/2/2018) tengah malam. Pesawat telah mendarat dengan aman di Tampa sebelum pukul 03.00.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.