Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panik, Pria Ini Nekat Buka Pintu Darurat Pesawat lalu Meluncur Keluar

Kompas.com - 27/02/2018, 09:23 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


NEWARK, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan United Airlines rute New Jersey ke Tampa tidak bisa lepas landas sesuai jadwal pada Minggu (25/2/2018) malam.

Alasannya, seorang penumpang keluar dari pesawat dengan membuka pintu darurat dan meluncur di landasan darurat yang mengembang.

Maskapai United Airlines dengan nomor penerbangan 1640 di Bandara Internasional Newark Liberty terpaksa menunda keberangkatan karena ulah salah satu penumpang.

Ketika petugas mencapai lokasi, penumpang tersebut ternyata panik telah naik pesawat yang salah.

"Sementara penerbangan 1640 telah berada di Bandara Internasional Newark Liberty, seorang penumpang membuka pintu darurat dan keluar dari pesawat dengan meluncur," kata juru bicara United Airlines, Maggie Schmerin, seperti dikutip dari NBC News, Senin (26/2/2018).

Baca juga: "Powerbank" Terbakar di Bagasi Kabin, Penerbangan Ditunda 3 Jam

Kendati penumpang tersebut mengklaim telah naik pesawat yang salah, petugas bandara mengatakan, pria itu memiliki tiket tujuan ke Tampa.

Petugas mengidentifikasi penumpang itu bernama Troy Fattun (25) dan kini sedang diamankan. Sejauh ini, belum ada tuduhan yang diarahkan kepadanya.

Selain itu, belum juga diketahui apakah Fattun didampingi pengacara atau tidak.

Penerbangan tertunda lima jam. Salah satu saksi mata, John O'Malley, mengatakan, semua penumpang turun dari pesawat setelah kejadian itu.

Baca juga: Mengapa Merokok di dalam Pesawat Itu Dilarang?

Dari video yang direkam O'Malley tampak dua petugas polisi membawa Fattun keluar dari lokasi kejadian.

United Airlines mengonfirmasi, pesawat dapat berangkat pukul 00.09, Senin (26/2/2018) tengah malam. Pesawat telah mendarat dengan aman di Tampa sebelum pukul 03.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com