Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Nigeria: 110 Siswi Hilang setelah Serangan Boko Haram

Kompas.com - 26/02/2018, 08:35 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Al Jazeera


ABUJA, KOMPAS.com - Pemerintah Nigeria telah mengonfirmasi hilangnya 110 murid perempuan masih belum diketahui keberadaannya, setelah serangan yang diyakini dilakukan oleh anggota kelompok ekstremis Boko Haram pada pekan lalu.

Sebelumnya, angka anak perempuan yang hilang masih simpang siur. Menteri Informasi dan Kebudayaan Nigeria Alhaji Lai Mohammed menyatakan, sebanyak 906 murid berada di sekolah saat serangan terjadi.

Anak-anak diculik oleh anggota kelompok bersenjata yang menyerbu sekolah pemerintah di Dapchin pada 19 Februari lalu.

"Pasukan keamanan berusaha keras untuk mencari keberadaan para siswi," katanya, seperti dilansir dari Al Jazeera, Minggu (25/2/2018).

Polisi dan pejabata pertahanan sipil ditugaskan ke semua sekolah di negara bagian Yobe, tempat di mana peristiwa penyerangan terjadi.

Baca juga : Boko Haram Diduga Culik Banyak Siswi, Presiden Nigeria Minta Maaf

"Kami berada di Yobe sebagai bagian dari upaya untuk memberikan bantuan kepada orangtua para siswi. Untuk memberi tahu, mereka tidak sendiri dan kami tidak akan beristirahat sampai menemukan anak-anak itu," tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah negara bagian Yobe mengeluarkan pernyataan pada Kamis (22/2/2018) mengenai beberapa murid perempuan yang berhasil diselamatkan.

Namun, pengumuman itu dicabut karena informasi yang diperoleh berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya.

Insiden penculikan tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan orangtua, mengingat peristiwa serupa pernah terjadi pada 2014 ketika Boko Haram melakukan penculikan massal.

Baca juga : Boko Haram Serang Sekolah, Lebih dari 100 Siswi Dilaporkan Hilang

Saat itu, Boko Haram menculik 276 siswi dari kota Chibok. Lebih dari sepertiga dari korban penculikan tetap belum dapat ditemukan.

Lebih dari 20.000 orang terbunuh dan dua juta lainnya terpaksa meninggalka rumah mereka, sejak Boko Haram meluncurkan serangan pada 2009. Kelompok itu ingin membentuk negara yang terpisah.

Selama bertahun-tahun, Boko Haram telah menculik ribuan orang dewasa dan anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com