Kompas.com - 25/02/2018, 18:06 WIB


BEIJING, KOMPAS.com - Partai Komunis China menyerukan penghapusan batas waktu menjadi presiden.

Pada Minggu (25/2/2018), Xinhua melaporkan, langkah tersebut membuka jalan bagi presiden Xi Jinping untuk tetap menjadi kepala negara setelah 2023.

Komite Sentral partai tersebut telah mengusulkan untuk menghapus masa jabatan dibatasi maksimal dua periode di mana satu periodenya terhitung lima tahun. Syarat itu rencananya akan dihapus dari konstitusi.

Xi, yang juga ketua partai dan dianggap pemimpin China paling berkuasa sejak Mao Zedong. Dia menjadi presiden sejak 2013 dan masa jabatannya akan berakhir pada 2023 di bawah sistem yang saat ini berlaku.

Perubahan yang diusulkan, yang juga berlaku untuk wakil presiden, akan diajukan ke legislator pada sesi tahunan Kongres Rakyat Nasional yang dimulai pada 5 Maret 2018.

Baca juga : Xi Jinping Perintahkan Tentara China untuk Tak Takut Mati

Pada kongres partai lima tahunan yang ke-19 Oktober lalu, Xi memasukkan filosofi politik pribadinya ke dalam piagam partai komunis.

Hal tersebut menjadi sebuah kehormatan, yang mana hanya diberikan kepada Mao Sedong selama masa hidupnya.

Sejak mengambil alih jabatan sebagai sekretaris jenderal partai pada akhir 2012, Xi telah melakukan pertarungan tanpa ampun melawan korupsi.

Lebih dari satu juta orang dihukum. Beberapa melihat kampanye pemberantasan korupsi sebagai sarana baginya untuk memberantas oposisi internal.

Sebelumnya, Xi juga telah memutuskan beberapa kebijakan kontroversial.

Baca juga : Kebangkitan Xi Jinping, Ketika Nostalgia Kekaisaran Menyihir Asia Tenggara

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.