Kompas.com - 23/02/2018, 08:27 WIB


BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Kepolisian Argentina menyita hampir 400 kg kokain dari kedutaan Rusia di Buenos Aires.

Kementerian keamanan argentina dalam pernyataannya, Kamis (22/2/2018) mengatakan, pihak berwenang telah menangkap beberapa anggota kelompok perdagangan narkoba.

Menteri keamanan Argentina Patricia Bullrich menyatakan, obat-obatan yang ditemukan memiliki nilai sekitar 50 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 683,9 miliar.

"Sekelompok penjahat narkotika mencoba menggunakan jasa kurir diplomatik kedutaan Rusia untuk mengirim obat-obatan tersebut ke Eropa," katanya.

Dia mengatakan, polisi Rusia dan Argentina telah memutuskan untuk melakukan operasi setelah duta besar Rusia menginformasikan keberadaan kokain pada Desember 2016.

Baca juga : Mengungkap Keberadaan Tentara Bayaran Rusia di Suriah

Penyelidikan dimulai setelah Victor Koronelli, duta besar Rusia untuk negara Amerika Selatan, dan tiga anggota dinas keamanan federal Rusia melaporkan kepada Bullrich, mengenai kecurigaan terhadap barang yang ditemukan di sebuah sekolah dengan dokumen tambahan dari kedubes.

Agen dinas keamanan Rusia telah berkunjung ke Argentina sebanyak tiga kali untuk membantu penyelidikan yang memakan waktu lebih dari satu tahun.

Begitu pihak berwenang memastikan adanya obat dalam 16 koper bawaan, mereka merancang rencana untuk menangkap penjahatnya.

"Kokain diganti tepung dan GPS ditempatkan untuk mengawasi pengiriman dari 16 kantong obat," ucapnya.

Operasi tersebut berujung pada penangkapan lima tersangka, dua di Argentina dan tiga di Rusia.

Halaman:
Sumber AFP,ABC News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.