Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teror Bom di Bank Myanmar, Dua Orang Tewas dan 11 Luka

Kompas.com - 21/02/2018, 22:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LASHIO, KOMPAS.com - Teror bom terjadi di sebuah bank di Myanmar utara, Rabu (21/2/2018). Ledakan bom menyebabkan dua orang tewas, sementara 11 lainnya luka-luka.

Teror bom terjadi di kota Lashio, negara bagian Shan, Myanmar, diduga dilakukan oleh kelompok pemberontak etnis. Aksi teror yang dilakukan di kawasan perkotaan disebut jarang terjadi.

Dua korban tewas merupakan staf perempuan yang bekerja di bank tersebut, sementara 11 orang lainnya menderita luka berat dan ringan.

"Akibat ledakan bom juga menghancur beberapa bangunan di sekitar bank. Ledakan terasa cukup besar. Petugas keamanan saat ini masih membersihkan area yang terdampak ledakan," kata salah seorang petugas keamanan kepada AFP.

Baca juga: Pelaku Bom Panci New York Dihukum Seumur Hidup

Belum ada pihak yang mengklaim serangan, namun diduga dilakukan oleh kelompok pemberontak etnis yang telah menentang pemerintah dalam beberapa dekade terakhir.

Juru bicara pemerintah Zaw Htay melalui akun media sosial Facebook miliknya menyampaikan bela sungkawa kepada korban tewas maupun luka. Ucapan bela sungkawa juga disampaikan pihak bank Yoma yang menjadi sasaran teror.

"Kami sangat prihatin dengan tragedi ini dan merasakan kehilangan atas korban meninggal," tulis pernyataan manajemen bank.

Sementara aparat kepolisian yang dikirim ke lokasi ledakan mengkonfirmasi adanya korban tewas dan menyebut korban luka telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

"Kami masih berusaha memastikan daftar korban. Beberapa masih berada di ruang operasi. Kami belum menerima rincian korban," kata pejabat kepolisian Naypyidaw.

Konflik pemberontakan etnis masih terjadi di Myanmar, terutama di wilayah perbatasan selama berpuluh tahun untuk mendapatkan otonomi.

Kelompok etnis Myanmar mencapai sepertiga dari seluruh populasi penduduk, namun pemerintah dan militer telah lama didominasi kelompok etnis mayoritas Bamar.

Baca juga: Ada Ancaman Bom, 34 Kantor Bank BRI di Garut Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com