Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Kirim 10.000 Tentara Jalani Pelatihan di Pakistan

Kompas.com - 21/02/2018, 15:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pemerintah Pakistan dan Arab Saudi saling mengirimkan tentaranya ke wilayah satu sama lain. Memberi isyarat semakin meningkatnya kerja sama kedua negara.

Sebanyak 10.000 tentara Saudi dikirim ke Pakistan untuk menjalani pelatihan, sementara Islamabad menambah 1.000 tentaranya untuk ditempatkan di wilayah Kerajaan Saudi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Pakistan Khurram Dastagir, Senin (19/2/2018), tanpa menerangkan lebih rinci tentang kehadiran sejumlah besar tentara Saudi di Pakistan maupun bentuk pelatihan yang diberikan.

Baca juga: Pemerintah Pakistan Tutup 27 Lembaga Non-pemerintah

Penambahan personil tentara Pakistan ke Arab Saudi mengundang kecemasan dari anggota parlemen yang khawatir pasukan tambahan itu akan digunakan untuk melawan pemberontak Houthi pro-Iran di Yaman.

Sebelumnya, Pakistan telah menempatkan sekitar 1.600 pejabat militer dan juga tentaranya di Saudi sesuai dengan protokol keamanan yang disepakati kedua negara pada 1982.

"Adanya kekhawatiran akan penempatan tentara Pakistan keluar dari wilayah Arab Saudi dan Yaman, saya ingin meyakinkan bahwa hal itu tidak akan terjadi."

"Pakistan akan tetap menjadi negara netral terkait konflik yang terjadi di Timur Tengah, sesuai dengan pedoman parlemen," kata Khurram menegaskan, dilansir Middle East Monitor.

Sesuai dengan resolusi parlemen yang disahkan pada 2015, menegaskan jika Pakistan tidak akan terlibat maupun menjadi bagian dari konflik yang terjadi di Timur Tengah, khususnya Yaman.

Meski tidak dapat menyampaikan di mana para tentaranya akan ditempatkan, Khurram menegaskan mereka tetap akan berada di dalam wilayah kerajaan Saudi.

Selain di Arab Saudi, saat ini ada sekitar 647 tentara Pakistan yang ditempatkan di Qatar. Angkatan udara negara itu juga melatih 10 pilot Iran.

Baca juga: Pakistan dan Arab Saudi Gelar Latihan Gabungan Anti-teroris

Tak hanya kerja sama di bidang keamanan, Arab Saudi yang menjadi tuan rumah bagi 1,9 juta warga Pakistan menjadi sumber pemasukan devisa tertinggi dengan lebih dari 4,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 61 triliun) per tahun.

Saudi juga adalah mitra dagang regional terbesar Pakistan dalam ekspor barang dan jasa, terutama minyak, yang mencapai lebih dari 5 miliar dolar AS (sekitar Rp 68 triliun) ke Pakistan pada tahun 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com