Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Iran Temukan Lokasi Jatuhnya Pesawat Milik Aseman Airlines

Kompas.com - 19/02/2018, 14:56 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


TEHERAN, KOMPAS.com - Televisi berita di Iran melaporkan tim pencarian dan penyelamatan (SAR) telah mencapai lokasi jatuhnya pesawat milik maskapai Aseman Airlines pada Senin (19/2/2018).

Pesawat diduga mengalami kecelakaan akibat cuaca yang berkabut. Pesawat jenis ATR-72 itu dilaporkan menabrak Gunung Dena, pegunungan Zagros, Iran, Minggu (18/2/2018)

Seperti dilansir dari Associated Press, TV Iran menyebutkan tim SAR telah mencapai lokasi sebelum fajar menyingsing. Cuaca yang bersahabat juga memungkinkan helikopter untuk bergabung dalam pencarian.

Pihak manajemen Aseman Airlines menyatakan seluruh penumpang dan kru berjumlah 66 orang pada penerbangan EP3704 itu telah tewas.

Sebelumnya, angin dan salju di malam hari menghalangi tim penyelamat untuk mencapai lokasi kecelakaan pesawat, sehingga operasi pencarian harus ditunda.

Baca juga : Akibat Badai Salju, Iran Tunda Pencarian Pesawat yang Tabrak Gunung

Lima helikopter disiagakan untuk melanjutkan pencarian saat fajar tiba. Sebanyak 45 tim SAR telah dikirim ke gunung Dena di wilayah Zagros.

"Daerah pegunungan tidak bisa dilalui. Kabut tebal, salju, dan hujan membuat kami tidak mungkin menggunakan helikopter," kata Morteza Salini, kepala bagian tim SAR, sebelum timnya berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat.

Badan keamanan udara Perancis (BEA) akan mengambil bagian dalam penyelidikan yang dipimpin oleh cabang investigasi kecelakaan udara Inggris.

"Tiga penyidik dan penasihat teknis kami akan pergi ke lokasi," kata juru bicara BEA.

Baca juga : Pesawat Iran Tabrak Gunung, Seluruh Penumpang dan Kru Tewas

Penerbangan Aseman Airlines nomor EP3704 sempat menghilang dari radar sekitar 45 menit, setelah lepas landas dari Teheran.

Pesawat meninggalkan bandara Mehrabad pada Minggu (18/2/2018), sekitar pukul 08.00 waktu setempat, menuju ke kota Yasuj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com