Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesepak Bola Rusia Dikecam Usai Pakai Uang Kertas untuk Buang Ingus

Kompas.com - 16/02/2018, 15:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang pesepak bola Rusia menuai kecaman karena tindakan di luar lapangan yang dianggap tidak terpuji. Kecaman itu muncul setelah dia terekam video menggunakan uang kertas untuk menyeka hidung.

Dilansir dari Mirror.co.uk, pesepak bola tersebut adalah Stanislav Manayev, pemain gelandang di tim sepak bola profesional Rusia, FC Chertanovo Moscow.

Meskipun pemain sepak bola kerap diidentikkan dengan gaya hidup mewah dan memiliki banyak uang, namun tindakan yang dilakukan Manayev dianggap telah melampaui batas.

Baca juga: Islandia, Negeri dengan Pesepak Bola Lebih Sedikit daripada Indonesia

Dalam sebuah rekaman video berdurasi 13 detik yang beredar di dunia maya, tampak Manayev sedang duduk di sebuah kendaraan yang bersama timnya.

Manayev kemudian meminta seseorang untuk memberinya tisu. Namun rekannya justru menyodorkan sejumlah uang kertas yang kemudian diambil Manayev dan digunakan untuk menyeka hidungnya.

Detik berikutnya, Manayev meremas uang kertas tersebut dan membuangnya ke lantai, sementara rekannya yang lain menendang uang di lantai tersebut.

Uang kertas yang digunakan Manayev sebagai pengganti tisu tersebut adalah uang kertas 5.000 rubel atau setara dengan Rp 1,2 juta.

Aksi pemain gelandang itu langsung menyulut kecaman publik dan para pengguna media sosial. Unggahan video itu pun segera dihapus.

Dan sebelum lebih jauh menjadi bahan olok-olokan publik pemerintah Rusia, melalui Menteri Utama Olahraga Pavel Kolobov mengambil sikap tegas.

"Tidak diragukan, video ini menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman budaya pemain ini. Dan saya pastikan akan ada pelajaran baginya," kata Kolobov.

Baca juga: Pesepak Bola Muda Mozambik Tewas Diserang Buaya

Sementara itu, Kepala Komite Pelaksana Piala Dunia Rusia Alexei Sorokin mengatakan, pemain itu butuh diberi peringatan dan menegaskan bahwa tindakannya tidak berkaitan dan tidak mencerminkan tim nasional Rusia seluruhnya.

Manayev memulai debutnya sebagai pesepak bola profesional Rusia pada Mei tahun lalu, saat timnya berhadapan dengan di sepak bola asal Tula, Meksiko, FC Arsenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com