Kompas.com - 16/02/2018, 15:45 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang pesepak bola Rusia menuai kecaman karena tindakan di luar lapangan yang dianggap tidak terpuji. Kecaman itu muncul setelah dia terekam video menggunakan uang kertas untuk menyeka hidung.

Dilansir dari Mirror.co.uk, pesepak bola tersebut adalah Stanislav Manayev, pemain gelandang di tim sepak bola profesional Rusia, FC Chertanovo Moscow.

Meskipun pemain sepak bola kerap diidentikkan dengan gaya hidup mewah dan memiliki banyak uang, namun tindakan yang dilakukan Manayev dianggap telah melampaui batas.

Baca juga: Islandia, Negeri dengan Pesepak Bola Lebih Sedikit daripada Indonesia

Dalam sebuah rekaman video berdurasi 13 detik yang beredar di dunia maya, tampak Manayev sedang duduk di sebuah kendaraan yang bersama timnya.

Manayev kemudian meminta seseorang untuk memberinya tisu. Namun rekannya justru menyodorkan sejumlah uang kertas yang kemudian diambil Manayev dan digunakan untuk menyeka hidungnya.

Detik berikutnya, Manayev meremas uang kertas tersebut dan membuangnya ke lantai, sementara rekannya yang lain menendang uang di lantai tersebut.

Uang kertas yang digunakan Manayev sebagai pengganti tisu tersebut adalah uang kertas 5.000 rubel atau setara dengan Rp 1,2 juta.

Aksi pemain gelandang itu langsung menyulut kecaman publik dan para pengguna media sosial. Unggahan video itu pun segera dihapus.

Dan sebelum lebih jauh menjadi bahan olok-olokan publik pemerintah Rusia, melalui Menteri Utama Olahraga Pavel Kolobov mengambil sikap tegas.

"Tidak diragukan, video ini menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman budaya pemain ini. Dan saya pastikan akan ada pelajaran baginya," kata Kolobov.

Baca juga: Pesepak Bola Muda Mozambik Tewas Diserang Buaya

Sementara itu, Kepala Komite Pelaksana Piala Dunia Rusia Alexei Sorokin mengatakan, pemain itu butuh diberi peringatan dan menegaskan bahwa tindakannya tidak berkaitan dan tidak mencerminkan tim nasional Rusia seluruhnya.

Manayev memulai debutnya sebagai pesepak bola profesional Rusia pada Mei tahun lalu, saat timnya berhadapan dengan di sepak bola asal Tula, Meksiko, FC Arsenal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.