Kompas.com - 16/02/2018, 06:10 WIB

RIYADH, KOMPAS.com — Seekor unta kelas atas yang sempat menjadi juara dalam kontes kecantikan di Teluk Arab mati pada Rabu (14/2/2018). Unta tersebut mati setelah melahirkan.

Unta yang oleh pemiliknya, Nasser bin Mubarak, diberi nama Khuzama itu  keluar sebagai pemenang dalam sebuah kontes kecantikan unda di Teluk Arab.

Bahkan, salah seorang tetangga  menawarkan untuk membeli Khuzama seharga 30 juta riyal Arab Saudi atau sekitar Rp 108 miliar. Namun, tawaran itu ditolak Nasser.

Baca juga: Pakai Botoks, 12 Unta Didiskualifikasi dari Kontes Kecantikan

Dikutip dari Al Arabiya, bagi sang pemilik, Khuzama lebih dari sekadar hewan peliharaan. Terlebih sebelumnya unta itu menjadi yang terbaik di jazirah Arab.

Namun, beberapa hari lalu, Khuzama mengalami masalah saat melahirkan hingga akhirnya anak unta Khuzama lahir meski kemudian tidak selamat.

Hanya berselang beberapa jam kemudian, Khuzama juga tidak dapat diselamatkan.

Kabar mengenai unta termahal di Arab yang mati itu langsung menjadi viral di dunia maya, terutama media sosial.

Bagi masyarakat Arab, unta kerap lebih dari sekadar hewan ternak atau peliharaan. Unta dengan kualitas dan penampilan yang cantik kerap bernilai ratusan juta bahkan miliaran rupiah.

Tak heran kerap digelar festival untuk hewan khas padang pasir itu, salah satunya yang diselenggarakan di Kerajaan Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Lakukan Operasi Plastik ke Unta, Dokter Hewan di Arab Saudi Ditangkap

Festival unta di Saudi itu menjadi salah satu penekanan aspek budaya tradisional sekaligus pendorong reformasi.

Dengan total hadiah senilai 57 juta dolar AS atau Rp 759 miliar, tidaklah mengejutkan kontes itu diikuti hingga sekitar 30.000 unta.

Bahkan, ada peserta yang rela berbuat curang dengan menyuntikkan botoks ke unta yang mereka ikutkan dalam kontes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.