Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelundupan Manusia, 22 Imigran Sembunyi Dalam Truk Pengaduk Semen

Kompas.com - 15/02/2018, 23:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SHARJAH, KOMPAS.com - Upaya penyelundupan imigran ilegal menggunakan truk pengaduk semen berhasil digagalkan otoritas bea cukai dan petugas perbatasan Uni Emirat Arab (UEA).

Sebanyak 22 imigran ketahuan bersembunyi di bagian pengaduk pada truk tersebut saat akan melintasi perbatasan Khatam Milaha. Para migran terdeteksi oleh alat pemindai sinar-x yang dapat mendeteksi suhu tubuh.

Kepala Badan Bea Cukai Federal, Komisaris Ali bin Subaih Al Kaabi mengatakan, sebelumnya mereka telah memperingatkan departemen bea cukai di daerah akan adanya upaya penyelundupan imigran itu.

"Kami diberitahu akan ada upaya menyelundupkan sejumlah imigran ke dalam negeri," kata direktur perbatasan Khatam Milaha, Mohammed Al Raisi, yang mengungkapkan upaya penyelundupan itu terjadi pada pekan pertama Februari lalu.

Baca juga: Berselisih karena Antre Makanan, Imigran di Perancis Terlibat Tawuran

Sebuah alat pindai sinar-x dipasang di titik inspeksi yang dengan jelas memperlihatkan 22 imigran, termasuk orang Asia dan wanita Afrika sedang bersembunyi di dalam pengaduk semen.

Pejabat kepolisian mengatakan kepada Gulf News, mereka sempat terkejut saat melihat hasil pindaian alat sinar-x.

Usai memastikan adanya upaya penyelundupan, petugas perbatasan meminta bantuan kepolisian Kalba. Mereka khawatir orang-orang yang tengah bersembunyi adalah orang berbahaya.

"Pengemudi kemudian kami minta untuk membuka penutup bagian atas mengaduk dan meminta orang-orang yang ada di dalamnya untuk keluar secara teratur," kata petugas.

Setelahnya, para tersangka ditahan kepolisian untuk dimintai keterangan dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Kasus ini juga telah diajukan kepada penuntut umum untuk ditindak lanjuti.

"Petugas bea cukai telah menggagalkan upaya penyelundupan manusia itu. Apa yang mereka lakukan dengan bersembunyi dalam alat pengaduk tentu berbahaya. Mereka melakukannya demi menghindari pos pemeriksaan," lanjut petugas.

Baca juga: Patroli Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Imigran Ilegal ke Meksiko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com