Kompas.com - 15/02/2018, 09:39 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Peristiwa penembakan yang mematikan di sekolah menengah atas, di Florida, Amerika Serikat, Rabu (14/2/2018), menjadi insiden ke-18 sepanjang tahun ini.

Sebuah fenomena yang membuat pihak berwenang nampak tak berdaya untuk mencegahnya.

AFP melaporkan angka tersebut menggarisbawahi bagaimana kekerasan dengan senjata biasa terjadi di AS. Murid SD hingga SMA secara teratur melakukan pelatihan untuk menghadapi situasi penembakan.

Menurut lembaga independen Alltown for Gun Safety, 8 dari 18 insiden penembakan sekolah sepanjang tahun ini, termasuk SD hingga universitas, tidak terdapat korban.

Sementara itu, dua dari angka tersebut merupakan upaya bunuh diri, dan sisanya penembakan yang diarahkan untuk menyerang orang lain.

Baca juga : 17 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan Sekolah di Florida

Serangan Rabu kemarin di SMA Marjory Stoneman Doughlas di Parkland, Florida, menjadi yang terburuk sejauh ini pada 2018. Sebanyak 17 orang tewas dalam insiden tersebut.

Sebelumnya, pada 23 Januari 2018, seorang remaja berusia 15 tahun melepaskan tembakan dengan pistol pada hari pertama masuk sekolah, di Kentucky. Peristiwa itu menewaskan dua murid dan melukai beberapa lainnya.

Sehari sebelumnya, seorang remaja terluka akibat tembakan yang dilepaskan di kantin sekolah, di Texas. Pada hari yang sama, seorang remaja berusia 14 tahun menembaki tempat parkir sekolah di New Orleans.

Awal Januari 2018, penembakan sekolah terjadi di Iowa, dan wilayah lain di California.

Penembakan sekolah paling fatal di AS pernah terjadi pada 14 Desember 2012, ketika Adam Lanza (20) menembak mati 20 murid sekolah dan 6 guru di SD Sandy Hook, Newton, Connecticut.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN,AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.