Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Koruptor Terlalu Banyak, Penjara Elit China Kehabisan Sel Tahanan

Kompas.com - 14/02/2018, 19:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Perayaan malam Imlek bagi para narapidana korupsi di penjara elit khusus di China akan terasa beda tahun ini. Banyaknya jumlah tahanan menjadikan acara makan malam jelang Imlek dibatalkan.


Berlokasi di pinggiran utara Beijing, di kaki gunung Yan di distrik Changping, sekitar satu jam perjalanan dari ibu kota, penjara Qincheng dikhususkan bagi narapidana pejabat tingkat tinggi.

Namun, gerakan anti-korupsi yang digalakkan Presiden Xi Jinping selama lima tahun terakhir telah menjerat hingga lebih dari 1,3 juta pejabat dari berbagai tingkatan, membuat penjara itu kehabisan sel tahanan.

Sumber dari dalam penjara mengatakan kepada SCMP, tidak ada cukup ruangan untuk mengakomodasi acara makam malam bersama keluarga tahanan tahun ini, sehingga akhirnya dibatalkan.

Baca juga: Trump Buka Penjara Guantanamo, Mungkinkan untuk Tahan Anggota ISIS?

Menambah kesengsaraan para tahanan, penjara melarang pembesuk sejak dua pekan menjelang dan sehari setelah perayaan Imlek, yang jatuh pada Jumat (16/2/2018).

"Penjara ini biasanya mengizinkan tahanan berusia di atas 60 tahun untuk dapat makan malam bersama dengan anggota keluarganya saat malam tahun baru."

"Tapi tidak tahun ini karena keterbatasan tempat, sementara jumlah tahanan sangat banyak. Pengunjung juga dilarang pada beberapa hari menjelang dan sehari setelah tahun baru," kata sumber.

Sebagai penjara untuk koruptor kelas kakap, pengamanan di Qincheng sangat ketat, di mana para tahanan akan terus diawasi. Beberapa mantan penghuninya bahkan berkata kerap terjadi penganiayaan di tempat itu.

Penjara Qincheng telah diliputi kerahasiaan sejak dibangun dengan bantuan Uni Soviet pada 1958. Penjara itu awalnya dipakai untuk memenjarakan tahanan penjahat perang dan saingan politik.

Kepadatan penjara telah menjadi masalah sejak saat itu, selama masa Revolusi Kebudayaan pada 1966, ketika masa pembersihan elit politik.

Baca juga: Pria Kabur dari Penjara Setelah Menukar Diri dengan Saudara Kembarnya

Penjara itu sempat mengalami perluasan pada 1960-an dan juga pada 2012, beberapa bulan sebelum Presiden Xi memulai perang melawan korupsi. Namun sejak akhir 2013, penjara kembali penuh seiring berjalannya kampanye anti-korupsi Xi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com