Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bangun Situs Uji Coba Kapal Tanpa Awak Terbesar di Dunia

Kompas.com - 14/02/2018, 13:20 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


BEIJING, KOMPAS.com - China telah mulai membangun situs uji coba terbesar di dunia untuk kapal tanpa awak di pelabuhan yang terletak di Laut China Selatan, sebuah wilayah yang masih bersengketa.

Rencananya, kapal tanpa awak akan diaplikasikan untuk kepentingan sipil dan militer.

Wilayah uji coba yang sedang dibangun berada di pelabuhan sebelah selatan kota Zhuhai, berbatasan dengan Makau.

Laporan Xinhua pada Selasa (13/2/2018) seperti dikutip dari AFP menyebutkan China juga menegaskan kedaulatan atas hampir semua Laut China Selatan, meski ada klaim keberatan dari Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei.

Baca juga : Ancaman Pengangguran, China Janji Ciptakan Jutaan Lapangan Kerja

Teknologi kapal tanpa awak masih dalam tahap awal. Kapal tersebut memungkinkan kapal tempur dan sipil dikendalikan dari jarak jauh.

Sebuah revolusi di industri perkapalan yang dapat menciptakan ruang muatan lebih banyak pada kapal tanpa awak, selain menghemat biaya tenaga kerja.

Kepulauan yang menjadi zona uji coba juga akan dilengkapi dengan GPS, sonar, instrumen komunikasi atau komponen fotolistrik untuk memandu kapal.

"Beijing akan menggunakan situs uji ini untuk mengembangkan sistem tanpa awak untuk militer dan sipil. Teknologi ini berpotensi berkontribusi terhadap ekonomi," kata Collin Koh, pakar angkatan laut regional dari Universitas S Srajaratnam Singapura.

Baca juga : Kereta Peluru Ubah Tradisi Mudik Warga China Saat Imlek

"Perkembangan ini menunjukkan kebangkitannya sebagai kekuatan maritim dunia dan menguatkan posisinya di pasar kapal tanpa awak masa depan," tambahnya.

Berbagai proyek kapal tanpa awak sudah dikembangkan di Uni Eropa dan Amerika Serikat. Norwegia diperkirakan akan meluncurkan kapal kargo bertenaga listrik pertama di dunia pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com